Oleh: Rovicky | September 14, 2007

Jangan berbuka puasa dengan makan kurma !


kurma.jpgBlaik ! kok judulnya sangat provokatif. Tapi bener loo … ini tujuannya baik kok.

Mungkin kamu pernah mendapatkan email berjudul “jangan berbuka puasa dengan yang manis“. Ya itu adalah kalimat yang tepat, tetapi didalam tuisan itu sendiripun mengandung kalimat yang sangat vital dan harus diketahui oleh kita-kita yang berada di INDONESIA. Coba simak kalimat di dalam tulisan itu juga :

Tapi kurma yang didatangkan ke Indonesia dalam kemasan-kemasan di bulan Ramadhan sudah berupa ‘manisan kurma’, bukan lagi kurma segar. Manisan kurma ini justru ditambah kandungan gula yang berlipat-lipat kadarnya agar awet dalam perjalanan ekspornya. Sangat jarang kita menemukan kurma impor yang masih asli dan belum berupa manisan. Kalaupun ada, sangat mungkin harganya menjadi sangat mahal.

Nah kalau kita teliti membacanya kemudian merubah judulnya menjadi seperti “Berbukalan dengan kurma” disini ini menjadi salah kaprah terutama dalam konteks kita berada di Indonesia. Sebenernya ada juga yang proses pembuatannya tidakditambahkan gula. Namun karena terjadi fermentasi dan proses-proses pengawetan ini, maka sangat mungkin bentuk “gula kompleksnya” yang asli pada kurma segar berubah menjadi “gula sederhana” yang terasa manis seperti gula.

:( “Wah pakdhe mestinya judulnya diubah doonk”
:D “Iya thole yang tepat mestinya Jangan berbuka puasa dengan manisan kurma. Karena konteksnya selalu dibaca di Indonesia, kan. Wong tulisane pakai Bahasa Indonesia kok.

kurma-segar.jpgWalaupun kita mendapatkan kurma “mentah” (yang belum dibuat manisan), tetap saja apa yang menjadi kisah Nabi Muhammad hanyalah memakan tiga/lima butir kurma saja sebagai pembuka. Seorang teman yang pernah ke Timur Tengah bilang memakan kurma “mentah” kalau banyak juga buikin perut meilit. Yang tersirat disini tentunya jangan makan terlalu banyak ketika berbuka puasa. Bukan hanya sekedar terkonsentrasi soal bahan makanan kurma saja, barangkali ini tergantung makanan pokok di daerah masing-masing, karena Islam dikenal Agama seluruh umat di dunia. Makna kurma bukannya harus kurma tetapi bahan dasar ditempat itu yang menjadi makanan pokok atau makanan khas setempat. Syapa tahu kalau di Indonesia isinya mirip dengan sawo kecik, yang bijinya bisa diadu pakai tungkak (tumit) itu … :P . Dan yang lebih penting lagi … jangan makan berlebihan, lah namanya saja puasa kok :P

:DTapi ada tindakan yang lebih tepat, thole”
:( “Nopo Pakdhe?”
:D “Puasa itu jangan mikirin makan mlulu, jangan mikirin mau sahur pakai apa, mau berbuka bersama dimana dsb nanti makna puasanya malah luntur”
:( “Kalau gitu aku bilang Budhe Laras ngga usah mangsak ya dhe ?”
:D “Hust !”

Baca selanjutnya :

About these ads

Responses

  1. oh begitu to.

  2. Dear pak Dhe,

    Di pasar Tanah Abang, JKT, satu kilo kurma made in Timur Tengah dijual sekitar 15-20 ribuan, tergantung pinter2 nya kita nawar, enak lho…

    Ada yang udah isi kacang, ada yang agak kering, banyak macem nya Dhe, kalo ke JKT silakan mampir, he he he…

    Regards
    Sigit

  3. baru tahu saya

  4. SETAU SAYA KORMA ITU GA MENGANDUNG GULA..BUKTINYA WALAUPUN DISIMPAN DISEMBARANG TEMPAT SEMUT GA ADA YANG MENDEKATINYA, KECUALI SUDAH DICAMPURI GULA.

  5. hehe

  6. Mas benyamin, kalau Korma “mentah” seperti yg dibilang pakdhe manisnya dari gula alami, yg bukan terubah akibat dijemur. Tapi kalau manisan kurma perlu diteliti lebih lanjut …. Sperti manisnya buah2 lain ada yang jarang dirubung semut, misalnya duren … :P

  7. ooh…manisan kurma tho?

    ooh…ngga baek tho?

    *lagi makan kurma-ga-jelas-darimana*

    met buka puasa pakdhe!!!

    lam knal juga!

    sori OOT>.<

  8. wah betul tuh pak
    berbuka dengan kolak pisang saja

  9. saya barusan buka ama yg asin dan pedes..

    tahu isi + cabe rawit :D

  10. TADI AKU BUKA DI JALAN GARA GARA JEMPUT JAMAAH UMROHKU DI JEDAH AIRPORT MEREKA DARI INDONESIA, TIBA DENGAN QATAR AIR, LANDING PUKUL 15.20 TAPI KARENA NGANTRI DI IMIGRASI DAN AMBIL TAS JAMAAHKU BARU KELUAR PKL 16.30, BEGITU KELUAR LANGSUNG KU ANTAR KE KENDARAAN MEREKA TUK MENUJU MADINAH, BEGITU MEREKA BERANGKAT BERSAMA GUIDE (MUTAWWIF) AKU LANGSUNG CABUT MENUJU MAKKAH (TEMPAT TINGGALKU) KARENA JARAK AIRPORT JEDAH KE MAKAH 100 KM LEBIH MAKA KUPIKIR DENGAN LARI 150 KM/JAM BISA SAMPAI RUMAH DAN MENIKMATI ES BUAH (WALAU KALENGAN..HE..HE..) TERNYATA TIBA TIBA DIBELAKANGKU TERDENGAR SUARA SERINE..DAN PANGGILAN PLAT NO MOBILKU, TAUNYA KANG POLICI NYURU MINGGIR AKU.

    SETELAH AKU MINGGIR DIA MINTA SIM DAN STNK KU, DAH GITU AKU DI KASIH SURAT WARNA KUNING ARTINYA AKU DI TILANG…SIAL..!! MAUNYA CEPAT NYAMPAI RUMAH MALA GA JADI..

    DAH DAPAT TILANGAN..TERPAKSA BUKA DI JALAN LAGI…UNTUK MASIH ADA ALTAZAT (ANAK AYAM YANG DI PANGGANG ALA ARAB) TAP ENAK JUGA WALAU GA PAKE ES BUAH…HE.,HE..

    BEGITU SAMPAI DIRUMAH..SOLAT MAGRIB ABIS SALAM LANGSUNG TRIAK MINTA ESBUAH..KAYA ANAK KECIL YA…MAKLIM PANAS DI JALAN BAYANGIN AJA UDARA 40C’…….

  11. he…he…judulnya provokatif tapi tujuannya baik, buat saya ya… diganti awas kurma palsu.

  12. [...] rupiah. Bisa bangkrut aku, mana dari pagi belum ada yang beli pulsa. Masa buka puasa nanti makan tempe [...]

  13. selama makanan itu halal dan tidak memberikan dampak kesehatan berarti saya rasa semua bisa dipake buat berbuka… :)

  14. Ya iya lah .. kalo makan kurma sepiring .. baru berbahaya. Bisa kekeyangan. Trus ga bisa makan yang lainnya hwakakakak :D

    Kalau saya berbuka, tetap pake kurma. Cukup satu dua biji aja. Cuma syarat aja.

    • pinter jga kmu….!!!
      tp kmu jga ska kurma khan. . .!!

  15. berbukalah dengan yang manis…teh botol sosro…

    kata iklan kok begitu ya?
    :lol:

  16. Judulnya betul-betul kontroversial. Ternyata isinya gak sekontroversial judulnya. FYI, Makan Kurma itu Sunah Rasulullah SAW .

  17. Kurma! Ini dia makan favorit saya. Biasanya beberapa butir. Enak, renyah..! Yang lain ndak deh! MAHAL

  18. [...] Lalu ada Bapak Rovicky yang malah menganjurkan jangan buka puasa dengan kurma, [...]

  19. berbukalah dengan yang manis.. bukan berbukalah dengan manisan..

  20. kurma yang asli kagak semua orang suka, soalnya rasanya manis-manis sepet, harus pintar milih pas beli, biasanya kuat disimpan 3 bulan di kulkas, kalo yang sering kita beli memang manisan, tapi kadar gulanya kayaknya kagak setinggi yang kita bayangkan deh

  21. KLo makan itu harus sewajarnya/secukupnya, terlebih saat berbuka puasa… Nah disitulah letak suatu “NILAI” / ukuran dari mentalitas seseorang… sudah tahu kalau makan itu “secukupnya” malah berlebihan. :) Segala sesuatu kalau melebihi/berlebihan maka akan berakibat “fatal”. Fyuh, kalau dijabarkan dari hal2 tsb bisa “menjalar” kemana-mana…tergantung “cara” mencerna/memahami kalimat2nya.
    Ok, selamat berpuasa.

  22. Yang tidak sadar pasti sudah marah – marah. :mrgreen:

    Hmm…Saya sih berbuka dengan segelas nata de coco… :?

  23. yang enak kurma AMBAR harganya cuma SAR.80 Asli baru dipetik dari pohonya. Yang paling mahal Kurma AJwa orang indo bilang kurma nabi, harganya dari sar.60-sar.120 tergantung kualitas kurma itu.

    tau ga kurma bisa tahan di simpan 1 tahun, tampa bahan pengawet.

    aku tahu karena temanku punya kebun kurma

    ketepatan aku tinggal di k.s.a. jadi banyak tahu tentang kurma

  24. pancen !

    kurma, kurang dari lima buah, kayane kuwe sing wajar.

    aja mangas, angger sak kandhi dipangan dewek ya kebangeten.

    sing elin karo kanca.

  25. Mas Benyamin MA,
    Apakah kurma yang dibuat manisan itu memang ditambahin gula dalam proses pengawetannya ? Ataukah hanya dijemur saja ?

    Terimakasih

  26. betul … denger ini teh di kantrow…katanya memang begitu… jadi mending buka puasa pake rokok Dji Sam Soe ajah…:-D

  27. Hahaha .

    Untung akku gag prnah buka pake kurma .

    Lagian lebih enak kolak kog ! xD

  28. aslkm…
    maaf pak…ada g bukti klinis yang menerangkan kalo kurma diindonesia tuh udah mengalami proses non alamiah,,saya baru tau, selama ini dipikiran saya kurma itu alami tanpa campur tangan manusia lagi,,huks huks..saya tertipu,,
    wassalam
    http://www.likalikulaki.wordpress.com

  29. Segelas teh manis hangat dan sebatang Djarum 76 / Sampoerna A Mild.. sudah nikmat yg luar biasa, manteb tenan… SAKPORE!

  30. assalamualaikum..

    halo.. mau nanya dong.. kalo ga buka pake kurma, gak pake yang manis2.. jadinya makan apa yah nantinya?

    thank u! :)

  31. Jangan kebanyakan makan apapun,, dikit aja dulu, terus solat maghrib, kalau saya seperti itu.

    Jelas, kalau makan acar enam kilo juga bisa sakit perut :)..

  32. @ travelku313

    Jawaban yang cerdas .. hwakakak :D .. good point

  33. kalo kurma kering seperti yg di gambar itu nggak apa apa mas……..bisa tahan lama.
    beda lagi ma kurma basah biasa disebut balah di
    negara2 timur tengah kl itu nggak tahan lama gitu mas……………………….. mas bisa cek pergi kesana…………….ntar aq jemput

  34. aku heran. . . manisan kurma?? kok kayak manisan mangga atau manisan salak. . .
    kalo disini, manisan buah ya memang ditambah gula.
    kalau kurma??? weleh2 weleh2 ya perlu gula berapa banyak tuh di saudi??? mana ada bleh! coba ente cek sendiri dah di kebun korma, kira2 ada gudang gula gak buat bikin ‘manisan kurma’???

    bos, gula mah berasal dari tebu (asia) atau bit (eropa), kalau disaudi mah korma kering nggak usah dikasi gula dah manis. . . apakah struktur gulanya berubah dari sederhana jadi kompleks??? mana mungkin bos? la wong cuma dikeringin dipanas matahari.
    bikin korma kering gampang, inget bos, kalau jemur pakaian walaupun malam hari, paginya bisa kering tuh, bahkan gak perlu panas matahari, la wong saudi kering banget (humidity rendah). . .
    ya nggak usah kasih gula lah buat ngeringin kurma, gitu aja kok repot. . .
    sorry ya, agak senew ngomongnya; habis ini topik beredah muter2 dari surat kaleng yg nggak jelas sumbernya. . .
    idenya sih bagus, kalo puasa, bukanya dikit aja; saur juga dikit aja; bahkan Rasullulah kadang puasa wishal (tidak berbuka), sd waktu sahur. Sewaktu ditanya sahabat, beliau menjawab, bahwa makanan minumannya diberi oleh Allah; tentunya ini kiasan, dan wishal hanya dikhususkan utk Nabi yg mulia; kalo kita2 mah wajib disegerakan buka puasa. . .

  35. Hehehe, ada yang sewot tuh Pakdhe.
    Makanya baca tulisan selanjutnya, penjelasannya lebih okeh lagih.
    Setahuku penghasil kurma bukanlah hanya Arab Saudi. Jadi kalau ngga nemu pabrik gula atau gudang gula di Saudi ya jangan heran. Apalagi ke Saudi cuman ke Makkah madinah saja. Bahkan di Saudi banyak sekali kurma yg dijual import dari California Amerika …. nah lo !

  36. makan yang ada sajalah .. . klo ada nya manisan kurma , ya terpaksanya

  37. kurma amerika..mmm… beberapa waktu lalu mampir ke toko buah, niatnya emang mo beli kurma. Pas lihat-lihat.. eh ada kurma california. hahahaha..

    Trs lihat-lihat yang lain, ternyata ada kurma segar ( di simpan di dalam freezer ) dan harganya lumayan mahal… 100rb-an per kg nya.. hehehe

  38. Wadhuh… padahal di Kost selalu disediakan kurma, kalau gak makan kurma sama2 malah dianggap aneh.

  39. masa sich… segitunya! Tapi emang bener, kurma yang masuk ke indonesia udah ngga asli (seger)

    Menurut ahli gizi IPB, Dr Hardinsyah MS, Direktur Klinik Konsultasi Gizi dan Klub Diet IPB ini mengatakan bahwa kurma mengandung zat gizi yang nyaris lengkap dengan komposisi yang seimbang, meskipun dalam jumlah yang serba sedikit.
    Kebiasaan Nabi mengonsumsi kurma segar dan kurma tidak segar (kering) saat berbuka, lanjut Hardinsyah, memberikan manfaat yang optimal.

    Kurma Segar dan Kering

    Kurma segar mengandung kadar air dan vitamin yang lebih banyak tetapi rendah kandungan energi siap pakainya. Sementara kurma yang tidak segar (kering) tinggi akan kandungan energi siap pakai namun kandungan air dan beberapa vitamin lebih rendah, bahkan kandungan vitamin C-nya hilang.

    Kandungan Kurma

    Kandungan nutrisi kurma tergantung dari varietas kurma dan kandungan airnya. Umumnya mengandung zat-zat berikut Gula (campuran glukosa, sukrosa, dan fruktosa), protein, lemak, serat, vitamin A, B1, B2, B3, potasium, kalsium, besi, klorin, tembaga, magnesium, sulfur, fosfor, dan beberapa enzim.

    Di link berikut ini Anda dapat melihat kandungan nutrisi dari kurma untuk jenis Medjool dan Deglet Noor.

    Manfaat
    Sebagai bahan makanan
    Selain dimakan langsung, dikeringkan, juga digunakan sebagai bahan tambahan pada roti, coklat, sereal, penganan ringan, dan lain-lain.

    Obat
    Kurma mengandung potasium yang tinggi. Potasium bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, untuk terapi darah tinggi, serta membersihkan karbon dioksida dalam darah. Potasium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul syaraf.
    Berbagai mineral yang diperoleh dari kurma bermanfaat untuk mengoptimalkan kandungan elektrolit dalam cairan tubuh
    Mengandung zat tannin yang tinggi. Dapat digunakan untuk anti-diare, anti-hemostatis, dan anti-hemoroid, Obat flu, radang tenggorokan.
    Mengatasi mabuk, Meningkatkan thrombosit pada penderita demam berdarah
    Lain-lain
    Sabun
    Kosmetik

    Pembuatan Jus Kurma untuk Penderita Demam Berdarah

    Untuk yang telah positif DBD, ambil 500 gram kurma, buang bijinya lalu diblender dicampur dengan 5 gelas air sampai lembut.

    Minumkan pada penderita setiap jam, satu gelas sampai habis.

    Di ambil dari :http://paket-bisnis.com/tips/?p=71#more-71

  40. Assalamu ‘alaikum wr. wb,

    Sunnah Rasulullah SAW, isilah sepertiga perut dengan makanan, sepertiga lagi dengan air, dan sepertiga sisanya biarkanlah kosong (Al-Hadits).

    Makanlah bila merasa lapar dan berhentilah makan sebelum terasa kenyang (Al-Hadits).

    Sesuai Hadits, Rasulullah SAW hampir selalu berbuka dengan madu dan 3 butir kurma. Intinya untuk mengganti kadar gula yang hilang dari darah karena berpuasa. Kalau tidak ada kurma, ya boleh dengan buah yang lain yang sebaiknya gulanya dalam bentuk fruktosa, bukan glukosa. Kemudian biarkan perut mencernanya lebih dulu sambil kita sholat maghrib atau sekalian tarawih. Setelah itu baru makan besar tapi tetap ingat hadits yang mengisi sepertiga perut itu.

    Sahur pun disunnatkan mendekati waktu imsak agar kita tidak terlalu cepat merasa lapar. FYI, waktu imsak hanya ada di Indonesia. Waktu sebenarnya adalah beberapa saat sebelum adzan Subuh dikumandangkan (Sehri time).

    Fruktosa dan glukosa ini pun penting. Semut menyukai glukosa tapi tidak suka fruktosa walau sama-sama gula. Madu mengandung fruktosa karena itu semut tidak suka kecuali kalau sudah dicampur gula. Madu murni tidak akan busuk dan dirubung semut sama seperti kurma.

    Sesungguhnya Allah tidak menyukai segala yang berlebih-lebihan (Al-Quran).

    Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

  41. salam kenal,
    makanan apapun yg penting gak berlebihan,
    and kurmanya, segar or manisan yg penting sunnahnya, ok brur

  42. Berbukalah dengan yang manis… Yang dianggap membatalkan puasa itu namanya “berbuka” ya… Nah, kalo pertama kali kita buka adalah minum, kemudian makan kurma… jadi?

  43. kurma itali…… enak !
    sy gak tau bedanya kurma-kurma itu, yg sy tau ada yg enak ada yg terlalu manis.
    waktu sy di cina, orang arab di sana pernah kasih oleh-oleh kurma. bentuknya kotak dan padet banget (pres-presan kali ye). rasanya…… terlalu manis dan jemek.

  44. Yang pasti jika anda berbuka puasa, setelah berdua, minum secukupnya terus makan, atau sholat maghrib terus makan nasi jangan yang lain. Karena orang Indonesia belum dikatakan makan jika belum makan nasi. Makan dan mnum yang manis-masis nanti belakangan. Karena jika yang manis dulu napsu makan nasi anda akan berkurang juga saat syahur, akhirnya saat berpuasa sangat lemah.
    Coba anda rasakan…..

  45. Coba buka dengan kurma segar Tunisia yang masih ada tangkainya. Harganya cuma Rp 34.500 per 500 gram. Tiga biji saja dengan minuman teh-bunga melati-jahe hangat, bisa tambah gula. Kemudian sholat magrib, baru makan, tapi jika belum lapar makannya nanti menjelang sholat isya. Minum teh hangat saja dulu biar usus bersih. Kalau bisa coba buang air dulu barangkali masih ada yang nyangkut di usus besar sisa saur.

  46. hahaha…..iya seh emang bener….
    puasa bukannya jadi langsing tapi malah Ndutz
    thanks bro…

  47. eee lah adalah. gaktahukoknagaku tahu pakdhee?
    observais dulu yang bener,baru ngomong…

    saya ini pedagang kurma bertahun- tahun…
    keluarga saya tinggal di arab bertahun- tahunnn…

    soal kurma?
    masak saya gak tahuu.
    ni aku kasih tahu ya:
    kurma itu mempunyaikansungan karbohidrat yan komplek dan jenis mineral lain yangmenyehatkan tubuh. dalampenelitian kurma mempunyaikansungan gizi yang luar biasa. kalau memnag kurma inpor ygada di indonesia manisan kurma pasti kalau dibiarkan di udara bebas gulanya akan kelihatan putih-putih menggumpal. tapi kurma memang mengandung glukosa yang berbeda debgan gula yang buat teh.
    tapi kurma waalupun dibiarkan diudara bebas justru makin keluar airnya.
    berdasarkan pengalaman saudara saya di arab sana, memang kurma bisa awet sampai tahunan.asal dengan penyimpanan yang baik. saya sudah biktikan.
    kurma juga mempunyai berbagai jenis. dari yang kelas 1 sampai kelas seabrek. dan asalnyanya pun tidak dari arab semua, ada yang adari irak, mesir. penampilan dan warna nyapun tergantung jenis dan asal dimana dia ditanam. kurma yang ditanam di mesir mmepunyai jenis berbeda dengan yang ditanam diirak dan di irak.

    mau beli kurma?
    hub. saya
    mau yang satu box (isi 10 kg) 100.000 atau yang sekilo 100.000?
    pilih saja . yang mahal biasanya jenis nya bagus dan rasanya pass.

  48. pak dhe, tmenku si imoth ituh malah ngidam pen makan korma nabi. dy blg itu korma cuma ditanam khusus di daerah yg sekitaran arab situ yg khusus wat nanem korma iku lhoh pak dhe. gimana tuh penjelasannya? emang ada y? aku pikir yoo ngaruh secara struktur tanah pan beda-beda aja gitu. yaa ndak pak dhe…

    babaeh, kewrendh deh… nge-FANS ama blognyah

    ketika sains dijelaskan dengan tidak (SOK) serius tanpa kehilangan isi pentingnyah

  49. uh

  50. sebenarnya ga perlu untuk ngerespon ini TAPI GA USAH MEMBERITAKAN KALO KURMA ITU GA BAIK INGAT SUNNAH RASUL UNTUK BERBUKA DENGAN KURMA DAN KURMA ITU HASIL PENELITIAN SUDAH TERBUKTI BANYAK BEHASIAT BAIK UNTUK KESEHATAN DIANTARANYA MENINGKATKAN IQ DAN MENCEGAH KEPIKUNAN
    dan kalau ada yang palsu jangan langsung mengklaim semua kurma itu buruk untuk kesehatan lantaran karena ada yang palsu

  51. gue pernah makan kurma kurang lebih 1 kg, rasanya gak beda jauh….menurut gue makan kurma bukan sunnah Rasul. karna Rasululloh tinggalnya di tempat penghasil kurma..coba kalo ia tinggalnya di Indonesia, lom tentu ia makan kurma…bisa jadi salak, nangka, duren, pepaya,kelapa muda ehm….nyam nyam nyam….seger buat buka puasa.

  52. sunnah itu kan jika dikerjakan dapat pahala dan jika gak dikerjakan gak mendapat dosa….nah kalo makan kurma adalah sunnah mungkin maksudnya memakan sesuatu yang baik untuk tubuh kita tuh berpahala karena bertanggungjawab atas diri kita..dan jika gak makan kurma ya gak masalah, kan ada buah – buah yang lain…..lagipula kalo setiap apa yang dilakukan Rasul kita ikuti..tuh juga menurut gue gak benar…yang kudu ditiru tuh sifat dan kenabiaannya….

  53. Pa Benyamin tahu ga distributor buah kurma di jakarta ….??Saya butuh kurma yang lumayan banyak.

    • ibu mulyana, kalau butuh buah kurma, hubungi saya ajak bu lewat email saya vincentsiusaditya@yahoo.com, bisa dilihat dulu produknya..kalo ngak puas bisa dikembalikan..barang kita export dari luar negeri.kualitas ok,dan murah

  54. kurma…
    bisa d budidayakan di Indonesia g ya?

  55. kLw PnYa aQ hNyA $2,000,000.00
    G mHl kAn????<<<<///””!!!!!!!!!@@@$$$^^^**()#$%^*&(*&*&(&*

  56. [...] September 3, 2008 oleh herdyah Mungkin sudah membaca tulisan sebelunya yaitu Jangan berbuka puasa dengan makan kurma ! [...]

  57. owh, patutlah kurma manis semacam.
    seperti ade gula kasar di dalamnya

  58. saya gak setuju !!!!
    KURMA YG BANYAK DI INDONESIA BUKAN KURMA MANISAN.
    Fakta pendukung :
    1. manisan buah harus disimpan dalam cairan agar awet.
    2. kurma dijual dipasaran dalam keadaan kering.

  59. kurma itu enak kok…!!
    tp jgan kesringan lho….!!

  60. Temen_temen,saya minta alat penjual Kurma mentah Dong??/ada ga Yah????


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: