Oleh: Rovicky | Desember 17, 2010

Goal !!!


Sambil berjingkrak-jingkrak kita menyaksikannya. Namun tentu saja musuhnya lesu tertunduk. Tetapi yang pasti ada suara riuh rendah ketika goal terjadi. Tapi ada makna lain dari kata goal saat ini, tidak hanya karena terjaringnya bola di gawang lawan. Goal juga bermakna sukses dan selesai …
Bagaimana perkembangan kata yang terkenal ini !

Darimana kata GOAL berasal ?

Banyak kata-kata di dunia ini yang berasal dari makna lama yang berubah menjadi makna baru. Kali ini kita tengok negeri tua yang sangat maju. Inggris.

Etimologi adalah ilmu atau cara mencariarti serta makna sebuah kata secara historis. Inggris merupakan negara yang kaya dengan penelitian ethymologi kata-kata. Cukup bagus juga memulai penelitian darimana asal kata ini.

Menurut penelitian Oxford, Oxford adalah lembaga yang juga meneliti bahasa dan telah menghasilkan kamus Inggris Oxford yang terkenal itu meneliti hingga pada tulisan-tulisan sastra abad ke 14. Kenapa abd 14 ? Ya karena sebelum abad ke 14 merupakan Abad Islam, namun naskah-naskah sebelum abad 14 menjadi susah dicari. Jadi rulisan sebelum abad 14 inilah yang paling tua utk dipakai debagai penelitian ethymology.

GOAL tampaknya telah menjadi kata bahasa Inggris Kuno berakar dari salah satu kata yang digunakan dan telah terdokumentasi di The Oxford English Dictionary (OED) yang menyebutkan istilah ini sebagai salah satu “a technical term of some rustic sport” hingga hampir 1500-an kata-kata yang saat ini sudah berevolusi menjadi bahasa umum.

Penelitian yang sangat jeli ini telah menemukan asal kata Goal ini, penelitian ini dimulai dari tulisan-tulisan puisi tahun 1300-an.

Awal kata GOAL.

Bayangkan ketika ada sekelompok penduduk desa merayakan beberapa hari panen atau sesuatu dan termasuk dalam perayaan adalah acara olahraga. Mirip worldcup tingkat kecamatan di Inggeris. Para peserta tentusaja sebagian besar penduduk yang buta huruf dan bahkan jika mereka mampu membaca dan menulis akan sangat tidak mungkin bahwa mereka akan membuat catatan tentang hasil pertandingan ini. Jadi ndak ada hasil pertandingannya :)

Singkat kata … Mungkin salah satunya ini bagian dari olahraga “kasar” mengacu pada OED barangkali hanyalah lomba lari. Beberapa kutipan menyebutkan kata GOAL yang mulai muncul, namun mungkin diartikan sebagai kata itu berarti “garis akhir.” atau jaman sekarang finish.

OED kali ini masih sedikit berspekulatif dalam etimologi, tetapi tentu memiliki informasi lebih untuk asal kata GOAL dibandingkan dari kata-kata lainnya.

Kecurigaan mereka adalah GOAL yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris Kuno yang aslinya berarti “pinggiran“. Diperkirakan makna kata itu sedikit demi sedikit bergeser maknanya berarti “batas” dan kemudian. akhirnya sekarang berarti “objektif.”
Itulah kutipan awal dari sebuah buku di abad keenam belas yang datang setelah yang pertama pada abad keempat belas dalam puisi itu dari seorang pria bernama Thomas Elyot dalam hasil karya sasteranya yang dibukukan menjadi bernama “The Gouernour“.

The gouernour ini ditulis sebagai semacam panduan buku tentang pendidikan seperti apa yang dibutuhkan orang muda jika mereka ingin berhasil di kelas atas.
Buku itu menjadi hit besar didalamnya juga memuat kisah Raja yang merasa tersanjung dengan disitir dalam buku ini. Beliau adalah Henry VIII.

Thomas Elyot menggunakan kata GOAL sebagai makna tujuan ketika ia memerintahkan aristokrat muda. DImana akhirnya GOAL saat ini dimaknai sebagai target atau tujuan sebuah kegiatan.

Namun dalam sepakbola makna ini tetap saja berarti masuknya bola ke gawang … GOOOOL !!!!!

Dalam sepakbola gol ada 3 macam :

1. Gol Emas

Gol emas adalah peraturan dalam sepak bola dengan memberi tambahan waktu dua kali 15 menit untuk mendapatkan pemenang yang dilakukan apabila dalam dua kali 45 menit tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. peraturan ini biasa dilakukan di dalam kompetisi dengan sistem gugur.

Dalam peraturan golden goal, apabila terjadi gol dalam perpanjangan waktu yang dilakukan, maka pertandingan akan dihentikan pada saat gol. Tim yang mencetak gol dalam kesempatan pertama akan ditetapkan sebagai pemenang pertandingan. Dan apabila dalam dua kali 15 menit tetap tidak ada tercipta gol oleh salah satu tim, maka pertandingan diakhiri dengan adu penalti untuk mendapatkan pemenang dari pertandingan.

2. Gol Perak

Gol perak (Inggris: silver goal) adalah peraturan sepak bola yang dilakukan untuk mendapatkan pemenang dengan memainkan babak tambahan dua kali 15 menit, apabila dalam waktu normal tidak didapatkan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola. Peraturan ini biasa diadakan dalam pertandingan sepak bola yang menggunakan format kompetisi dengan sistem gugur.

Dalam peraturan di dalam silver goal, apabila pertandingan sepak bola dalam babak perpanjangan waktu terjadi gol oleh salah satu tim, maka pertandingan akan tetap dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu dimana terjadi gol habis. Setelah babak perpanjangan waktu habis, maka tim yang dapat mencetak gol akan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan. Apabila dalam dua babak perpanjangan waktu tidak terjadi gol, maka pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

3. Gol Bunuh Diri

Ini yang paling sial. Gol bunuh diri adalah istilah dalam olahraga sepak bola ketika seorang pemain memasukkan bola ke gawangnya sendiri sehingga dianggap sebagai gol bagi tim lawan. Pemain tersebut juga dianggap sebagai pencetak golnya. Apabila gol tersebut diakibatkan oleh pantulan, maka pencetak gol dilihat jika tendangan yang menghasilkan gol tersebut adalah tendangan langsung ke arah gawang atau tidak. Jika ternyata merupakan tendangan langsung ke gawang, maka pemain yang menendang tersebut dinyatakan sebagai pencetak gol. Gol bunuh diri terkenal terjadi di Piala Dunia 1994 di. Saat pertandingan tuan rumah Amerika Serikat melawan Kolombia yang di buat oleh Andreas Escobar. Yang mengakibatkan timnas Kolombia kalah 1-2.

Gol bunuh diri tidak bisa diterima jika dihasilkan dari lemparan ke dalam atau dari tendangan bebas.

(ditulis dari berbagai sumber)

About these ads

Responses

  1. Gol yang bikin kesal setengah mati >> gol bunuh diri dari tim yang kita support


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: