Oleh: Rovicky | Juni 3, 2007

Anakku ga perna belajar dan ga perna mandi


https://i1.wp.com/members.graphicsfactory.com/clip-art/image_files/image/7/1292747-teddy-040_07-19-2006.gifIya bener anakku hampir ga pernah belajar, dua-duanya kalau disuruh belajar pasti protes dan marah.

Tanya kenappa ?
Yang jelas pertama belajar dan mandi tu tidak mengenakkan, kegiatan yang perlu usaha dan cenderung untuk dihindari. Kegiatan bermain lebih menyenangkan ketimbang belajar. Lah iyo, kan ?
Nah kedua tole-tole ini sekarang yg gede kuliah di Elektro di Jogeja, yang kecil masih ikutan bapak-simboknya di KL. Dan ga pernah belajar sampai hari ini 😛

Si Mas yg gede ini dulu ga pernah mau diajak belajar. Dia sukanya membaca buku. Ya wis akhire tiap malem aku hanya suruh baca saja ngga perlu belajar. “Yo wis sana baca buku aja, ngga usah blajar. Wong bapak dulu wektu sekolah juga ga pernah blajar. Sukanya main-main ke perpustakaan. Dulu nyokap juga suka main-main di ruang baca di bulaksumur. Kalau blajar mah ogah lah yaw.”

Kadang kala aku ajak dia bermain tebak-tebakan kalau dia lagi baca buku. Jangan heran, aku yang jadi muridnya yang ditebakin bukan aku yang nebakin anakku. Kalau aku yang ngasih tebakan mesti dia protes. Yo wis, sekarang bapak ama mama aja yang di-test, mana yang pinter ? 😀 Kadang kala aku juga sok bego mosok dua tambah tiga kok enam, mamanya juga gitu, malah jawab delapan. Akhirnya si Mas ini dengan sok nyelekethe mbetulin dengan bangganya 😛 . Akhirnya malam itu ga ada yang belajar dirumah. Semua cuman main tebak-tebakan. Dan Bapaknya dapet nilai delapan, mamanya dapat nilai tujuh …. Anakku dadi guru malah nylekethe ngekek-ngekek. 😛

Yang kecil ini dulu juga susah diajak mandi. Mana mau sore-sore mandi. Enakan main air. Akhirnya tiap sore dia main air di kamar mandi. Aku siapin selang dengan segala ubo rampe mainan botol-botol kosong. Nah untuk menjaga supaya ga sakit pilek, aku bilang ke adik “Wis main air saja, tapi bajunya dilepas. Trus ga usah mandi, mandinya besok pagi aja abis bangun tidur, kan kayak di lagu bangun tidur kuterus mandi, gitu!”. Si Adik ini semrinthil terus menuju kamar mandi mengambil ubo rampe untuk bermain air.
Lah, kalau main air ga pakai sabun kok ga seru. Mesti ada sabunnya duonk !. Main umpluk sabun lebih seru ketimbang mandi sore. Dan kebetulan sambil bermain umpuk sabun bisa main-main umpluk pasta gigi looh. Nah mulai, dibandingin deh ukuran umpluk sabun mandi sama umpluk pasta gigi. Tapi umpluk pasata gigi susah buatnya kalau ngga pakai gigi nih. 😛 Ya wis terpaksa dipakai giginya untuk uji coba.

Wis kumplit dah pokoke mandi adalah kegiatan yang harus dihindari tiap sore.

Jadi bagi yang punya anak kecil jangan suruh anak-anak belajar atau mandi ya ? Mendingan bermain tebak-tebakan atau bermain umpluk sabun 😀

gambar dari sini : http://members.graphicsfactory.com/ 


Responses

  1. Pak dhe, aku punya tebakan untuk si Mas-e,tolong disampekno. Kenapa bantalan kereta api diperkuat dengan batu krakal yang diurugan dibawahnya.Yang kedua :kalau turun malah naik kalau naik malah turun. Tebakan yang ketiga : Waktu berjalan kakinya tiga, saat berhenti kakinya sepuluh.Gitu aja ya pak dhe!

  2. caranya kali yg perlu diubah…

  3. Yang saya rubah hanyalah kata-katanya.
    Belajar diganti Membaca dan tebak-tebakan
    Mandi diganti berain air dan bermain busa (umpluk)

    Seseorang memiliki persepsi buruk pada kata tertentu padahal secara hakekatnya sama saja yang dikerjakannya.
    😀

  4. asik..asik…anak2 ku juga sama kok kayak gitu….sesuatu yang mengandung beban dan berbau perintah paling alergi…ampe aku emaknya sempet darah tinggi dan asam urat karena tiap hari mesti naikin frekwensi suara, karena aku sering kasih beban dan perintah….tapi anak2ku udah mulai kenal mana yang beneran dan mana yang akal2an neh….

  5. Weh lakok podo de…anaku nek kon adus wis..paling alergi…sampek saya katakan ini perlu di ru’yah..
    karena ada jin nya..dan jin kan takut sama air (so males mandi)…karena ia terbuat dari api…he..he..

    Nek kon sinau…wis plulat-plulit…
    Tapi kalau sudah di depan komputer…seharian penuh kuat. Ning yo alhamdulillah wingi SD ne juara 1, bisa masuk smp yang diinginkan, amin..
    Salam, Om Wawot.

  6. ide yang bagus…buat persiapan mendidik anak2 ku…kekekekekek


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: