Oleh: Rovicky | Juni 5, 2007

Salaman !


https://i0.wp.com/www.ci.farmington-hills.mi.us/F2H/Images/ClipArt-C2FHandShake.gifDulu ketika aku kerja di Total Balikpapan, ada kebiasaan yang menurutku sangat baik.

Ketika aku dateng pertama kali dikantor ini mereka (orang-orang Prancis ini) sangat antusias dengan menyalami sambil memperkenalkan diri namanya. Akupun dengan matab menjawab salaman tersebut dan menyebut nama serta aku dateng dari mana.

Esok paginya, aku udah dateng duluan. Lah wong pegawe kontrakan kan mesti dateng pagi-pagi biar kontraknya diperpanjang🙂 … Eh, Ada bule Prancis dateng juga dan langsung menyalami. Lah aku gragap-gragap menyebut namaku serta crita aku pegawe konsultan baru disini. Dia menjawab pendek, “yeah I know “, dengan logat Prancis tentunya. Trus yang lain juga gitu ketika dateng langsung salaman. Aku juga grogi, mengenalkan diri lagi.

Aku pikir, “iki wong Perancis lalenan po yo, mosok mbendino kenalan seeh … bangsa pelupa juga kali ya

Lah esok paginya … kok gitu lagi – gitu lagi, whadduh aku pasti yang salah deh … Aku iseng nanya ke kawan-kawan yg udah lama di Total … Jebul emang kebiasaan wong Prancis ya gitu, mereka itu “salaman” setiap ketemu pagi hari, walaupun sekantor. Dan antar sesama mereka (wong Prancis) juga.

Ataukah bersalaman itu maknanya sama dengan Assalamualaykum ?
Mungkin perlu ditiru juga ga ya ?

😀 “weeh tiwas nganggep wong Prancis lalen 😛 “


Responses

  1. Kalau dikantor setiap hari kelihatannya belum membudaya pak dhe, tetapi kalau ditempat umum misal ketemu distasiun KA, kepada yang sudah dikenal biasanya dilakukan salaman,juga saat kumpul-kumpul akan rapat kampung (RT/RW),arisan atau kenduri suatu hajatan saling menyalami sudah membudaya.
    Btw, kalau pas ompapang ketemu sama kenalan yang bernama pak Slamet, sambil salaman selalu saya sebut namanya : Padha Slamet to? Dan pak Slamet selalu spontan menjawab :PANGestunipun (sebab nama saya pakai PANG, dari nama ompapang).
    Demikian juga jawabannya sama,bila ketemu pak Sugeng, sambil salaman saya selalu bertanya : Sami Sugeng . . . ? Dijawab ; “Pang”estunipun.

  2. kalo di organisasiku juga gitu koq….🙂

  3. Dhe, di tempat kerjaku dulu juga ada wong Prancis, dia juga tiap pagi nyalami siapa saja yang ditemui. Saya baru tahu sekarang kalo itu emang ‘budaya’ ne wong Prancis tho??
    Agak aneh emang, employee di sini meskipun kelas cleaning service sekalipun keliatan lebih ‘akrab’ sama wong Prancis itu dibanding sama atasan lain yang wong Indonesia, padahal wong Prancis itu orang nomor satu di perusahaan di sini.

  4. wah, malah penak to pakdhe…
    kan gak usah nunggu tekane dino 1 syawal

    [ooo, ternyata, orang prancis apa suka niru2 orang di kampungku ya?ato ketularan jawa suriname?🙂 ]

  5. Ah,,,,,,,,,,,,,,,, biasa wae………. bosen!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. salam kenal

  7. kalo di kantor awak…
    tiap jumpa minta rokok!
    heheheheh

  8. Yup Di Kantor Total memang seperti itu, gab antara bawahan dan atasan tidak terlalu kelihatan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: