Oleh: Rovicky | Juni 27, 2007

Tuhan Tidak Mati


Seorang kawan yang sedang jalan-jalan ditepi sungai Rhein cerita tentang Nietsche “Si Pembunuh Tuhan“. Kawan Saya ini bercerita disini. Dia mengamati bahwa tempat-tempat ibadah di Eropa sudah sepi. Gereja di Jerman dan katanya juga Masjid-masjid di Turki sekarang ini sepi pengunjung. Dan menurut dia ini akibat Nietsche yang membunuh sang tuhan.

Kalau anda seorang yang religious tentunya akan merasa geram dan pingin misuh-misuh ke Nietsche ini habis-habisan. Tapi ngga bisa wong misuh-misuh aja itu ngga dibolehin oleh agama. Apalagi Nietsche juga udah matek … Jadi gimana duonk ?

Liat saja dirimu !

Kesalahan kaum religi hanyalah bermental religious ketika di gereja atau masjid tau vihara dan tempat suci. Begitu keluar kita melupakan Tuhan. Kita melupakan Gusti mengikuti kita ketika keluar pintu masjid atau gereja. Kita merasa Tuhan sudah senang ketika kita sedang bediri diatas sajadah. Masih banyak diantara kita yang lega setelah bersimpuh di altar gereja.

Dan saat ini semestinya semua tahu bahwa Gusti Allah juga ada di Mall, Sang Pengasih ini juga ada pinggir jembatan, dan Tuhan juga sering jalan-jalan di trotoar.

Jadikan setiap tindakanmu bermakna ibadah buat manusia yang saat ini ada di dunia !
hef e nais dey !


Responses

  1. Pak Rovicky ijin mencantumin blog Bapak di Blog saya.
    Maturnuwun Pak.

  2. pak.. link-nya si niece (eh.. halah.. ya itu lah pokoknya kok ga ada link?)

    ngomong-ngomong… Tuhan ada di kamar saya lho.. :p

  3. pakdhe rovicky..
    blognya makin bagus aja nih,

    ijin ngelink nggih pakdhe?

    ini mbahas Tuhan ya?

  4. wah duh blognya,…melangit,…
    Any way thumbs up….!!!
    Tindakan menjadi ibadah,….sangat ahli surga,…katanya.

  5. Salam kenal,
    Saya jadi inget habis baca detik.com, di eropa timur sana (Hungaria ato Rumania lupa deh) ada orang ngajuin gugatan ke Tuhan. Tapi ama jaksa-nya di tolak karena bingung cari alamat Tuhan untuk ngasih surat panggilan.

  6. Kata orang sufi, Tuhan itu cuma gagasan … dan ujung2nya bisnis janji Tuhan, itu paling enak, nggak usah pake SPJ ke manusia. Makanya nek cina mati, dikirimi duwit untuk nyuap malaikat, tapi duitnya ya duit palsu, karena kalau duit beneran nanti di jumuk karo menungsa ….. weh tambah angel

  7. Ah,.. setuju…
    TUHAN gak pernah (akan) mati. Dan sperti halnya TUHAN, SETAN juga ada di Mall, pinggir jembatan, dan apa lagi di trotoar….

  8. Tepatnya bahwa yang paling selamat di dunia dan akherat adalah bila seseorang tidak membayangkan bentuk, gambar, wajah Tuhannya dan tidak akan terjebak menyerupakan-Nya dengan sesuatu apa pun,
    karena Ia telah memberi bingkai pembatas dalam berpikir tentang Tuhan-Nya melalui petunjuk yang telah disampaikan melalui hambanya yang taat akan undang-2Nya.

  9. Waaah………… keren Euy

  10. Setuju banget…tuhan telah mati…! siapa yang mau menghidupkannya kembali

    http://www.jhelliesite.blogspot.com

  11. itulah yang di sebut beragama, tapi tidak ber-spiritual.

    Padahal agama membungkus spiritual itu sendiri.

    Makanya jangan heran jika kita melihat orang paling sering sembahyang, tetapi benyak melakukan perbuatan fasik.

    Bagianya, agama cuma sekedar “melaksanakan ritual” , setelah itu ya lupa dengan intisari dari agama itu sendiri, yaitu kehidupan spiritual detik per detik.

    ada pendapat?

  12. Setuju mas Partisimon, orang beragama itu kadang hanya diukur dari pelaksanaan ritual/ budaya dari negeri setempat, tapi orang lupa mempelajari dan melaksanakan hakekat ajarannya, yang secara umum adalah cinta kasih dan berbuat kebajikan.
    Saya nggak habis pikir, para pejabat, anggota DPR, birokrat dsb rajin beragama tetapi korupsi uang sangat luar biasa. Kalau tidak di-korupsi uangnya dan dibawa lari ke luar negeri, rakyat Indonesia sudah hidup makmur sejahtera bahagia.

  13. yOi pakdhe

  14. Nietsche bukan pembunuh tuhan, Dia adalah “seseorang” jadi tidak bisa memmbunuh ZAT,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: