Oleh: Rovicky | Juli 23, 2007

Dunia ini rumit, gak bisa diseleseikan lewat mailing list !


rapat.jpgSering baca-baca debat (kusir) di mailing list nggak ?

Waddduh aku sering banget lihat orang yang menuliskan argumentasi tentang masalah-masalah kecil di pedesaan, perkotaan, maupun masalah Indonesia dan bahkan seringkali berbicara masalah global masalah dunia. Apalagi kalau sudah berbicara masalah planet, bintang serta galaksi di langit ketujuh ….

😦 “itu ngimpi ngukir langit ya dhe ?”
😀 “Sakjane yo ngukir langit ki yo kadang perlu untuk menggantungkan cita-cita, cuman jangan lupa nginjek tanah sebelum menggantungkan cita-cita. Seumuran kowe ya perlu duwe cita-cita. Nek koyo pakdhe iki rak mung nerusin untuk kembali melukis di tanah”

Yang perlu diketahui dan disadari ketika melukis langit adalah bahwa lukisan itu sangat diperlukan ketika kita ngumbar perjalanan otak melanglang di jagad langit. Jagad langit ini tempatnya ide yang penuh dengan pakaian ideal. Harus sadar bahwa ideal itu tidak ada dalam dunia nyata, tetapi perlu untuk menentukan arah dan tujuan.

Nah ketika berdiskusi atau perang email di mailing list seringkali banyak yang emosi, ada juga yang dituduh sangat menyederhanakan masalah, ada juga yang maunya praktis. Dan tidak jarang trus berlarut-larut yang akhirnya “Udah deh pak moderator diskusi ini distop aja , diskusi di mailist ini kagak ada gunanya, kan ?“.

Sebenernrnya dunia diskusi baik dalam mailist maupun dalam rapat kerja. Disitu hanya terjadi interaksi antar ide-ide. Bisa saja menghasilkan sebuah kesimpulan, bisa saja menghasilkan kesepakatan, namun juga tidak jarang terjadi “kesepakatan untuk tidak sepakat” Alias, hanya muncul MOU -“Meorandum Of Uorangedongke” …. alias masih nggugu karepe dewe-dewe

Jadi kalau kamu ikutan dalam debat lempar-lemparan email, jangan pakai emosi. 🙂 Lah wong lawanmu yang disana sambil ngguya-ngguyu dan tertawa ngekek-ngekek kok kamu malah “spanign” 😮 . Dan inget masalah di dunia ini tidak dapat diseleseikan lewat email !!! 😛

Iklan

Responses

  1. iya nih pakdhe, lha wong lawan diskusine suka pake ad hominem je…mbikin esmosi

  2. Keren:
    Memorandum of Uorangedongke
    Manteb mas!

  3. […] akupun teringat apa yang pernah aku tulis dahulu Dunia ini rumit, gak bisa diseleseikan lewat mailing list !. Tapi mestinya bisa donk diuraikan kalau memang tidak dapat diseleseikan tuntas. Ya mungkin salah […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: