Oleh: Rovicky | Juli 31, 2007

Cara cepat berantas korupsi ! — > “Corrupted mind”


corrupt.jpgPengertian “korupsi” itu sudah berkembang … hingga saat inipun pengertian korupsi sudah multi dimensi. Bukan hanya dimensi baik dan buruk saja. Bukan sekedar jahat atau baik,… dan bukan hanya masalah keekonomian atau materi saja.

Kalau dilihat beberapa pengertian kata terhadap korupsi, al :
Korupsi itu kebocoran … mesti ditutup,
Korupsi itu sampah … mesti dibersihkan,
Korupsi itu kejahatan … mesti dihukum (dibrantas),
Korupsi itu …

Sebagai ilustrasi …. IT merupakan bidang yg paling cepet berkembang, sepertinya enak kalau dipakai sebagai acuan berpikir utk melihat bagaimana kata korupsi itu berkembang. Pengertian korupsi bagi orang2 IT berkembang tidak hanya soal hilangnya data (corrupted data), namun bahkan juga sudah masuk ke sistem yg korup (corrupted system). Pengertian korupsi disini sudah mulai tidak hanya untuk “orang” (operator tukang masukin data) yg korupsi. Tetapi sistempun bisa “corrupted” karena prosesnya dijalankan. Penyebabnya bisa macem2 baik hardware, software maupun brainware. Penyebabnya tidak harus karena ketidak mampuan hardware dan software maupun operatornya saja. Namun karena
ke-komplek-annya akan muncul ketidak-efisienan dengan sendirinya karena adanya “kerja“. Sistem tertentu tentunya mempunyai keterbatasan dalam mengatasi sesuatu kekomplekan. Ketidak mampuan inilah yg menyebabkan sebuah sistem menjadi ‘corrupted … under performed, hung, erorr …”

Sistem didalam sebuah organisasi besar seperti negara atau institusi, perusahaan dll pada suatu saat selanjutnya juga akan menimbulkan sistem-sistem yg kompleks. Kemkomplekasan ini tentunya perlu usaha pemeliharaan (“maintainance“), selain revisi, dan ‘upgrade’.
Namun sepertinya pemeliharaan sistem saat ini dengan menganggap korupsi sebagai sampah, kebocoran, kejahatan tidak dilakukan dengan baik… pemeliharaan tidak lakukan … dalam bahasa sehari-hari tidak ada “law enforcement“, sistem auditing, dll.

Nah seringkali kalau aku melihat beberapa threat diskusi dalam mailist atau diskusi di cangkrukan yg tadinya bagus malah berkembang menjurus “corrupted mind” … cara berpikir yg sudah korup. Yaitu … jalan pintas !!!

Kita semua tahu bahwa segala sesuatu itu memerlukan proses, biaya, memerlukan “waktu”, memerlukan usaha dan termasuk keringat !! …
ngga ada yg dapat dilakukan tanpa usaha … Kita boleh saja menambah biaya (paling hanya mengurangi nilai efisiensi), menambah jumlah keringat … tapi kita tidak bisa membeli atau menambah atau mengurangi “waktu” !!

Judul tulisan ini “cara cepat berantas korupsi !” merupakan salah satu manifestasi betapa korupnya pemikiran kita. Kita maunya jalan pintas, serba cepat… maunya serba instant (kebanyakan endomi kalee 🙂 ). Jadi keinginan utk menutup, menghilangkan, menghukum, membersihkan dan mengeliminir korupsi mempengaruhi modal dasar kita
yaitu otak –> “mind” …. yg akhirnya bisa juga terjadi proses korupsi didalemnya atau menjadikan “corrupted mind“.

“Program 100 hari yang sring muncul dalam pilkadal maupun pilpres ” –> bisa jadi adalah salah satu manifestasi ‘corrupted mind’ !

Iklan

Responses

  1. Menurut saya korupsi di indonesia ngga bakalan bisa di berantas. Karena kebanyakan dari mereka menjadi pejabat, atau anggota polisi, dan lain sebagainya….Mereka butuh uang banyak untuk mencapai semua itu, sehingga pada saat mereka sudah menjadi istilah kata….pejabat, mereka pasti akan memetik hasil dengan apa yang sudah mereka keluarkan selama ini. Dan akhirnya mereka makan dech tu uang rakyat alias korupsi…. Maka dari itu tips dari saya…kalau indonesia mau maju dan berkembang, dan juga berkurang terjadinya korupsi. seperti contoh Pilkada di jakarta…..Mereka sudah menghabiskan milyaran rupiah hanya untuk pawai atau apalah….dan yang pastinya indonesia kedepannya pasti akan sama seperti pemimpin-pemimoin sebelumnya, okey thanks..!!!!!

  2. CORRUPTION . . . KILLS!

    coba saja lihat longsor di aceh atau dimana saja, gara2 polisi dan pengusaha dan pejabat saling suap menyuap, hutan habis digunduli, turun hujan normal saja bisa banjir/longsor, dan hujan lebat??? Longsor hebat di Aceh, dan akibatnya Rakyat ada yg Mati!!!!

    Samimawon di Jakarta. Rawa2 pada diuruk, DAS sungai diperkecil buat parking lot, semua pejabat polisi tutup mata karena ada uang suap; AKIBATNYA JAKARTA TENGGELAM. . . LAGI2 ADA YANG MATI KARENA BANJIR. . . .

    so. . .
    CORRUPTION KILLS!!!

    saya setuju hukuman mati buat koruptor!!!

  3. budaya korupsi sudah mendarah daging di setiap orang tapi ada bedanya jika orang miskin korup untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarganya, sedangkan untuk kehidupan bagi golongan menengah keatas untuk memperbayak dan memperluas kekayaannya didalam Kerajaan Neraka. jadi sadarlah selagi hidup saudara tidak tahu kapan maut akan menjemputmu.
    Hidup sederhana tidak akan membuat saudara kelaparan, sedangkan hidup kaya-raya akan menimbulkan banyak penyakit.

  4. uuuhmmmp korupsi ya?

    memang biang kehancuran..
    coba ya,kalau setiap pejabat yang setelah diaudit hartanya dan ternyata itu lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhannya jangan pelit-pelit lah!!
    sumbangin kenegara dunks.kalau memang wakil-wakil rakyat itu mikirin rakyatnya mereka nggak akan tega hidup enak selama masih ada rakyat yang nelongso hidupnya…

  5. korupsi tu hya sbuah kta2 yg d pandang bruk oleh cmua orang danyg cbenarnya yang lebih bruk tu adalah koruptor, koruptor adalah manusia yg kehausan akan uang yg bkan hakmereka

    semesti ya harus ada peraturan lbih mengancam bagi mereka,,,
    karena mreka gk kan puas tnteng apa yg tlah d raih ya..

  6. moga aja korupsi di dunia cepet ilang dech amiiiin…. ^_^

  7. […] Cara cepat berantas korupsi ! — > “Corrupted mind” […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: