Oleh: Rovicky | November 20, 2007

Mau Cari duwik lewat ngeBlog ? – Jangan bertarget dulu


Aku tidak pernah kepikiran nyari duwik lewat blogging. Bahkan sampai sekarang aku ngga kepikiran menjadikan blogging sebagai occupations (pekerjaan). Ada beberapa alasan yang ingin aku kemukakan dan ada beberapa tips yang mungkin berguna kalau mau nyari duwik lewat Blogging.

😦 “Lah hiya lah Pakdhe dah cukup duwiknya”
😀 ‘Bukan itu Thole, anak kecil jangan disuruh bekerja. Itu namanya
‘Child Abuse'”

Anak-anak harus belajar dulu

playing_1.jpgSecara intuisi saja harimau juga tahu kalau anak-anaknya itu harus belajar berburu, dan yang sudah matang saja yang ikut berburu. Demikian juga dengan Blogging. Kegiatan blogging itu masih tergolong baru, belum ada usia 10 tahun. Di dunia nyata usia 10 tahun sih masih anak-anak, sehingga masih belum pantas kalau mencari uang … kecuali menjadi anak jalanan dengan mengemis … idddih malew ! 😦 .

Tugas anak-anak itu belajar dahulu. Sebelum berlari seorang anak harus mampu berjalan, sebelum berjalan harus bisa berdiri, sebelum bisa berdiri harus mampu mengangkat kepala. Dan yang lebih penting harus lahir dengan selamat !! 😛
Sebelum menjadikan blogging sebagai kegiatan yang menghasilkan tekuni dulu menulis, karena intinya blogging itu adalah menulis, menuliskan apa saja sesukanya. Dan jangan bertarget !!

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak blogger yang telah menemukan jalan untuk mencari uang lewat kegiatan blogging. Dan banyak pula yang menjadikan blogging sebagai pekerjaan hariannya. Namun, sekali lagi blogging disini bukan awal kegiatan hidupnya. Seperti Budi Putra yang cukup kondang dengan pekerjaannya sebagai blogger itu-pun beliau sebelumnya seorang wartawan yang cukup senior. Menurut pengamatan saya blogging baginya hanyalah merupakan bentuk kegiatan barunya yang menjadi “jalan barunya“. Artinya sebelumnya Pak Budi putra sudah memiliki kendaraan sebagai seorang penulis. Dan beliau menemukan jalan barunya

Begitu juga dengan Pak Wimar. Beliau memulai kegiatan blogging sebagai pengungkapan ekspresi. Tulisan-tulisan yang ada di Perspektif itu merupakan ekspresi beliau. Yang menurutku blogging telah dimanfaatkan sebagai jalur khusus dalam mengungkapkan pandangan atau perspektif barunya. Tentunya beliau terkenal lewat dunia nyata sebelumnya, kaan ?

Apa tidak baik mencari duik lewat blogging ?

http://femacamper.wordpress.com/category/detax/Bukan, bukan itu maksud tulisan ini … ! Aku hanya ingin mengajak untuk mengawali aktifitas blogging sebagai kegiatan keseharian. Ya mengawali kegiatan blogging sebagai salah satu aktifitas keseharian. Maksudnya lakukanlah blogging terlebih dahulu, dan jadikan blogging sebagai habit atau kebiasaan.

Blogging itu intinya “menulis“.
Tulisan dalam blog itu dapat berupa catatan harian, catatan perjalanan, ekspresi, opini, pendapat, bahkan bisa saja sumpah serapah si blogger. Menulis itu sendiri dapat dianggap sebagai aktifitas akademik, aktifitas komunikasi bahkan ada yang menganggap sebagai ekspresi seperti seni. Writing as an art !. Kalau memang begitu, maka kegiatan menulis janganlah dibebani dengan target, janganlah menulis karena mengejar target tayang.

Biarkan jari-jari ini mengalir dalam kibod,
Tuliskan saja yang kamu suka.
Setelah itu …
Bacalah ulang dan telitilah kembali tulisan-tulisan yang sudah kau buat.
Temukan minatmu dalam tulisan yang sudah terungkap ….
Jadikan blog-mu sebagai sesuatu yang khusus dan tematik
Lakukan riset siapa yang membaca blogmu
Barulah …. Pasang Adsense !!!!

Bacaan terkait :

Iklan

Responses

  1. berarti tulisan di blog oke punya baru pasang adsense yah Pak 🙂
    salam kenal dari member blogger-indonesia

  2. welgedewelbeh ……. Kalo di SL sih jelas dah banyak yang sukses cari duwitnya, kalo di blog sih …. kayaknya masih didominasi sama adult blog sama non-profit …. btw teman-teman baca artikel terbaru mulut tentang SL ya …

    http://mulut.wordpress.com/2007/11/19/second-life-trend-baru-setelah-blogging/

  3. Jadi, kapan Pakdhe pasang adsense-nya?

  4. Lah aku pakai wordpress gratisan ga boleh pasang adsense 😦

  5. Blog ini g jualan tempe kan??? 🙂

  6. Oh adsense… kapan ya bisa masang kamu di WP ? :p

  7. he…bagus…pencerahan dari elang dari tanah parahyangan….he..

  8. sorry tidak semua anakjalananan pengemis…..sayapernah hidup dijalanan……maapjgnasal tulis.cari duit ok tp jangan asal nulis..

    elangjaya……

  9. jadi pakde blum pasang adsense karna di WP ndak boleh ta?

  10. Betul juga yang terpenting biasakan dulu dalam ngeblog setiap hari ,,, sehingga terbiasa dan terlalih dalam hal tulis menulis, ekspresikan semua isi hati, opinikan tentang keadaan sekitar, dan sharekan ilmu yang kita punya, niscaya bermanfaat buat pembelajaran buat orang lain, tapi bisa juga buat promosiin barang dagangan yang menjadi ladang pekerjaan kita, amin.. betulkan ??

  11. boro2 pasang adsense lha buat blog ga da yang ngunjungi. apa karena masih baru ya…
    salam kenal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: