Oleh: Rovicky | Januari 18, 2008

Hati-hati dompet anda ! Bikin nyeri tulang belakang 


dompet1.jpgIni bukan soal kecopetan, tetapi soal kesehatan gara-gara dompet nangkring di saku blakang celana. Terutama buat pria yang suka mengantongi dompet setebal tigasenti !

dompet2.jpgKetika duduk, dompet yang tebal itu akan menekan bagian bawah tulang pinggul dan juga termasuk syaraf-syaraf yang ada disekitarnya. Kebanyakan laki-laki kan merasakan sakit Ugh ! unbearable pain.

Sebuah survey statistik menunjukkan bahwa semakin meningkatnya keluhan para pria yang memeiliki kebiasaan mengantongi dompet tebal. Bayangkan kalau tekanan dompet ke tulang dan syaraf ini berlangsung setiap hari selama 6 jam !

dompet3.jpgBeberapa ahli medis meyakini adanya hubungan antara perilaku mengantongi dompet di saku belakang ini.

Tekanan syaraf ini terjadi berulang-ulang selama bertahun-tahun dan baru akan dirasakan ketika usia menangah.

Syaraf yang biasanya terpengaruh atau terganggu adalah syaraf sciatic (Sciatic nerve). Kondisi ini sering dikenali dengan istilah “Sciatic neuropathy“.

dompet5.jpgSciatica yg terganggu disebut piriformis syndrome, Karena pengaruhdari otot piriformis, yaitu otot pendek, tebal, seperti buah pear (jambu) dari sacrum, bagian bawah dari tulang pinggul (pelvic), kebagian pangkal paha, atau panggul.
Kita menggunakan otot ini ketika memutar betis kearah luar-dalam. Pada kebanyakan orang syaraf sciatic ini berada disekitar otot ini.

Pencegahan

dompet6.jpgJangan mengantongi dompet yang tebelnya 3 centi itu di saku celana bagian belakang. Perlu berhati-hati juga kalau dompet tebal ini dimasukkan saku depan juga kemungkinan menekan kelenjar yang berada disekitar selangkangan.
Jadi jangan bawa semua isinya, atau bawalah dengan tas.

Perawatan bila sudah terkena gangguan

Mintalah nasehat dokter ahli (physiotherapist atau chiropractor), jangan tunggu hingga gangguan lebih memburuk.

Senam seperti dibawah ini :

dompet7.jpg

dompet8.jpg

dompet9.jpg

dompet10.jpg

dompet11.jpg

dompet12.jpg

dompet13.jpg

dompet14.jpg

dompet15.jpg

dompet16.jpg

dompet17.jpg

Tips dalam pdf file disini : tips-mengurangi-sakit-pinggang.pdf

Sumber HESS HSE


Responses

  1. tips yang sangat menarik. saya ndak tau kalo dompet tebel2 ternyata ngganjel juga

  2. berarti juga bakal terjadi hal sama buat para cewek yang suka mengantongi hp di saku belakang 🙂

  3. Dompetku nggak pernah tebal tuh Pakde

  4. Untung ga pernah bawa dompet di saku belakang, dompetnya di taruh di tas……

  5. wah.. ini bapak saya juga kena.. dokternya juga bilang gara2 dompet di saku belakang.
    Sempat ga bisa jalan 1 bulan, sekarang dah sembuh setelah di terapi.

  6. PakDhe,

    kalo gitu yang di dompet cukup kartu ATM dan kartu kredit saja ya, he he he…

    Regards
    Sigit

  7. saya termasuk korbannya…yg saya rasakan adalah kebas(mati rasa) di area tungkai luar kaki kanan, kira2 seukuran elips jari-jari 3 dan 8 cm. Saya dah panik, kirain saya stroke ringan…saya periksain ternyata karena saya duduk dipesawat 12 jam dengan dompet mengganjal…shg aliran darah terhambat dan mematikan syaraf…perlu waktu berminggu2 untuk pulih..skrg tinggal sedikit kebas-nya

  8. wah, beneran tuh,, saya ga pernah ngantongin dompet di belakang je, soalnya ga ada sakunya…
    nice post!!
    boleh di sadur gak niy?

  9. wah
    informasi yang sangat bermanfaat buat saya
    soalnya, saya juga ngalamin hal kek gini
    soalnya dompet saya tebel
    😀
    gara-gara banyak ngumpulin bon
    😀
    mulai sekarang saya kapok ngumpulin bon deh…
    😀

  10. terima kasih atas infonya, hasilnya cespleng!!:)
    langsung berasa

  11. saya jga pernah ngalamin kanya’ ginian !!!
    pas pengen gaya punya duit buanyak .. .!!1
    akhirya tmen aq ngajarin !!!!
    dompet saya dipenuhin ma kertas . . . !!!
    biar kelihatan tuwebel . . !!!!
    !!!! hee, , , ,he , , , , !!!!

  12. tadi kan

  13. saya lagi ngalami sakit kaya gini,sampai2 kalo mau jalan harus duduk istirahat dulu.saya kira semula karena asam urat naik ternyata 5,8 .pantesan dr merujuknya ke DR syaraf. setelah dirontgen lumbargo tulang belakang ada yg begeser dikit. karena 5 thn yg lalu pernah jatuh dari atap.dan antiknya daerah yg sakit adalah mirip dgn keluhan” gara2 dompet nangkring ” gitu. keluhan ini muncul lagi katanya ada kaitan dgn oste, pengeroposan itu bisa menyebabkan tulang yg retak dulu sakit lagi ( trauma) katanya? semoga sakit ini dapat disembuhkan karena rasa nyeri didaerah lumbar sudah hilang setelah di therapi 5x tetapi sakit didaerah paha dan kaki masih tersisa.

  14. wah tuh dompet doyan keluyuran..jadi pegel2 deh…

  15. saran yang bagus
    jadi selain tidak mengganggu kesehatan aman juga dari para tangan2 jahil

  16. saran ini sangat perlu diperhatikan, karena itu kalau bepergian bawa uang seperlunya saja, selain tidak boros, akan lebih aman dan nyaman.

  17. lg search ttg pinggal pegel eh dpt disini. thx. artikel ini bermanfaat.
    bener tuh dompet bikin masalah aja, apalgi kalo qt kehilangan dompet jd kuadrat deh masalahnya.
    disadur ya.

  18. bener2 bermanfaat, thanks boss !!!

    gw sedang ngalamin ni penyakit skrg 😦

  19. kalau saya sih tekniknya mengurangi sakit pinggang gampang, mau tau,……………..rahasia dong

  20. sakit pinggang dan lutut coba aja ketempatku udah banyak yg aku bantu selamat berichtiar insyaALLAH baik hub 5306914 /0818419382 bayar seiklasnya aja

  21. Pemanasan dulu baru bawa dompet segede ganbreng ya.

  22. gan saya ingin tanya mengenai apa yg sy rasakn di bagian tubuh kananku, khususnya pinggul, kalau saya berdiri setengah jam saja, terasa sakit mulai dari pinggul sampai tumit bagian knan, -+7thn sy rsakn ini, mla awalnya dulu jika saya berjalan 20 lngkh, sy gk bsa jln lg hrus duduk dulu, bru jln lg, skrng agk mendingan sy bisa jln satu kilo an, bru trasa sakit,sakitnya pada bagian dalam sekali, menurut agan saya terkena pnyakit apa y?

    • KAwan saya mengalami hal sama, kata dokternya reumatik di pinggang. Coba saja ke dokter tulang.

  23. Tadinya Saya pikir, dompet tebal itu menambah penampilan.

  24. dompet tebal ternyata bisa mengganggu aktivitas peredaran darah bro..kayaknya bokong gua jg tepoz karna terganjal ma gesekan dompet,,jaga tu dompet jngan terlalu tebal and keras..ne tulang paha gua bergeser ne,,,,maren abis i benerin alias d tarik, entah lurus nth nggk gua blm rontgen,,gejala awalnya ke plengkang mo jatuh dr motor satu thn yg lalu,,lama jg bro…efeknya lari ke skit pinggang, paha sakit. betis sakit and susah berjalan,,tp alhamdulillahirabbil alamin…setelah satu tahun sakit..ternyata tulang pinggul bergeser,,,jd bagi yg sakit dah pernah jatuh coba ajadirontgen apakah ada yg meleset,,,tulng2 anda,,karna dpt menyebabkan daerah persendian and otot2 anda terasa sakit bertahun2 kalo tidak ketahuan..berdoa and berusaha adalah kunci kesembuhan anda…thnk u.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: