Oleh: Rovicky | Februari 4, 2008

Apakah Pak Harto Seorang Pahlawan ?


Ada pertanyaan menggelitik dari Watonkaton:

  • yang jadi pertanyaan sekarang adalah tuh mbah harto layak ga jadi pahlawan bangsa Indonesia?

Kalau melihat kiprahnya Pak Harto, harus diakui sudah mempertahankan kesatuan Indonesia selama 32 tahun, tetap utuh !
Jaman Habibie rontok satu (Tim-tim)
Jaman Gusdur malah rontok dewe P
Jaman Megawati Rontok Sipadan-Ligitan
Jaman SBY … hmm )

Yang namanya Presiden sebagai tugas negara adalah mempertahankan eksistensinya, jelas lah yaw, Dia diangkat sebagai kepala negara untuk menjaga kelangsungan “keberadaan” negara yang dijaganya. Sebagai seorang pahlawan negara mungkin saja blio bisa jadi layak disebut pahlawan, [mboh piye carane mempertahankan], tetapi dari satu sisi ini saja belio bolehlah jadi pahlawan.

Nah dari sisi kemanusiaan atau HAM …. mnurutmu gimana ?
Napoleon itu juga nyerang dan mbunuh sana sini, perang sana sini, tapi Napoleon disebut sebagai Pahlawan Nasional Perancis yang terkenal dan diakui. Cuman tentusaja Inggeris gethek kalau sama Napoleon, lah wong dikalahkan, je. Alexander the Great juga mirip. Gadjah Mada juga menyerang sana-sini sampai ngusir Sriwijaya ke Melaka …. Mereka juga dinobatkan Pahlawan walaupun “melanggar HAM”.

Soal korupsi ini soal hukum …. masih belum lagi soal pribadi dan keluarga ..

Nah apakah yang disebut Pahlawan itu apakah semuanya harus baik ?
Ataukah pahlawan itu parsial ?


Responses

  1. Kalo jadi pahlawan dapat apa ya pakdhe? Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, kayaknya hidupnya juga begitu-begitu aja e.

    Btw, bung tomo juga belum diberikan gelar pahlawan ya pakdhe?

  2. Masalahnya Pak Harto itu mau dijadikan pahlawan itu sekarang Pak Dhe……Dimana yang disakiti masih pada hidup – sementara jejak dosa2nya masih banyak kelihatan.
    Ah tapi apa arti pahlawan sih ya? Kalo ternyata Bung Tomo belumlah diakui negara sebagai pahlawan sementara mertua Megawati digelari pahlawan nasional…….(pada saat dia jadi Mega jadi presiden tentu)

  3. kayaknya susah… buat netapin suharto sebagai seorang penjahat atau pahlawan.

  4. untuk jadi pahlawan kenapa mesti nunggu SK yak..? ataw SK itu diperlukan utk nebus dana pensiun ‘pahlawan’ ? gak kan..? dan keluarganya jg tahu diri kok utk ga nerima fasilitas yg neko2 dr pmrnth. malah harusnya mreka yg berutang budi ama bangsa ini.
    jadi menurutku biarlah dia jadi pahlawan di hati para pengagumnya, dan tetap begitu. namun perkara hukum harus tetap jalan donk..kita kan hidup di zaman hukumm, bukan jaman napoleon atawa gajah mada…

  5. Malanglah bangsa yang membutuhkan pahlawan :p — nyontek dari … duh lupa

  6. pahlawan secara parsial lebih pas nya pakdhe..😀

  7. knapa mesti diributkan sih Pak Harto pahlawan atau bukan……….yang penting adalah gimana caranya negara ini keluar dari krisis…….nah orang itulah yang pantas disebut pahlawan.

  8. aduh knp c musti diribetin,,,,m y sblmx,,,
    toh orgx udh g ad,,,,,,,,,,,,
    kyakx ad hal laen yg lbh pntg bwt diurusin di negara ini
    jadi knp ga’ mikirin masa depan kita aja sih
    jadilah bangsa ind yang maju truzz pantang mundur

  9. Sudah Jelas Kalau Pak Harto Itu Pahlawan Yang telah berjasa besar terhadap negeri Ini.
    Hal ini gak perlu diperdebatkan lagi, Kan di Indonesia masih ada budaya senang melihat orang susah, susah melihat orang senang.

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa2 pahlawannya

  10. sebelum memberi gelar pahlawan atau apapun. Semuanya harus di clarifikasi dulu, beberkan semua fakta, keterlibatan Soeharto pada pembantaian jutaan orang PKI dan aktivis (termasuk Tj periok dan Tragedi Mei), kalau semua selesai baru de kita nilai banyakan baek atau buruknya.
    DN Aidit juga dulunya seorang “pahlawan”/idol sampai-sampai Negara memberikan penghargaan

  11. termasuk, pahlawan pembangunan….

  12. Pahlawan artinya orang yang mendapat pahala dari Tuhan karena jasanya kepada bangsa dan negara, walaupun ia dibenci oleh bangsa lain sebagai musuh bangsa, walaupun dibenci oleh para penjahat.

    Pahlawan besar tanpa tanda jasa adalah orang yang telah mempertaruhkan harta, jiwa, raga, dan kehormatan dirinya untuk kepentingan orang lain.

  13. ya…beliau pantas mendapat gelar Pahlawan…
    dia pahlawanku yang sejati…mengantarkan saudara2ku masuk surga semua…🙂

  14. Pak Harto itu bukan pahlawan, cuman manusia biasa, yang banyak mengambil untung dari orang lain….
    pahlawan itu berkorban, ngga ada yang jadi kaya dengan menjadi pahlawan….
    sepaham saya Pak Harto tidak pernah berkorban apapun untuk bangsa Indonesia….
    kalo di bilang dia berkorban waktu, pikiran, dll, semua sudah terbayar dengan kekayaan yang sak bajeg kere…..
    kalau soal mritili dll, itu soal aspirasi, orang manusia – manusia sana (Tim – Tim) ngga pingin gabung ke Indonesia kok dipaksa…. yaa Indonesia lah penjahatnya….
    kalo soal eksistensi, coba lihat negara2 tetangga, apa yang pak harto tinggalkan bikin kita jauh terpuruk, bahkan di banding filipina, apa lagi malaysia….
    Pak Harto itu penjahat, karena penjahat mengambil sesuatu yang bukan hak nya…..
    Pak Harto ngga peduli kalo yang diambil itu jatah nasi buat anak yatim – piatu, jatah baju buat nenk renta dll… mana yang katanya anak2 dan orang2 terlantar dipelihara oleh negara? kalo duit buat itu diambil Pak Harto… mungkin kalau ada yang bisa ngitung, orang2 yang mati gara2 jatah nasinya diambil Pak Harto ada bejibun, lalu apa bedanya dengan pembunuh?????
    soal korupsi memang belum terbukti (atau belum ada yang berani membuktikan) dipengadilan, tapi apa tumon gaji seorang Presiden ber trilyun2 (biar 32 taun juga kerja jadi presiden)… kalo itu hasil side business, kan jelas,!!! kalo side business itu jadi lancar pol karena dia itu presiden…. pokoknya…. biar Tuhan yang menghakimi…. tapi berhubung korupsi itu hablum minan nas (perkara manusia – manusia) saya rasa ngga perlu ditanya, masih banyak yang ngga bisa memaafkan Pak Harto termasuk Saya… Saya hanya berdo’a balasan yang setimpal buat Pak Harto, baik perbuatan baik maupun buruknya….. seorang Pahlawan tidak mementingkan diri sendiri, seorang pahlawan mati di medan tempur, seorang pahlawan tidak mengharap kekayaan, jelaslah Pak Harto bukan Pahlawan, cuma manusia biasa yang punya kesempatan luar biasa…

  15. PAHLAWAN KORUPSI.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  16. Lupakanlah kekhilafan beliau,banyak sisi baik dan sisi buruk beliau,manusia tidak ada yang sempurna..semua manusia pernah melakukan kesalahan tapi belum tentu banyak yang melakukan kebaikan..
    Mulai dari Pak Harto memimpin Serangan Umum 1 Maret 1949 yang membuka mata dunia bahwa Indonesia benar-benar ada dan punya tentara
    Menumpas pemberontakan G 30 S/PKI,menyelamatkan Indonesia dari bahaya komunis
    Membawa Indonesia menjadi negara swasembada beras,bahkan pada era beliau Indonesia disebut MACAN ASIA tapi sekarang apakah Indonesia masih disebut MACAN ASIA?????!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: