Oleh: Rovicky | Maret 31, 2008

AprilMop ngga ada hubungan dengan Islam


Tentunya anda akan banyak mendapatkan crita dari link dari sebuah koran atau web yang isinya hubungan antara AprilMop dengan kekalahan umat Islam, salah satunya disini April Mop Adalah Perayaan Pembantaian Ummat Islam. Wharakadah !!!

Masak sih koran ternama ngga bisa melakukan sedikit pengecekan dari belantara maya ini ? Whualaah … nduagel tenan kiyi Bisa-bisanya Aprilmop dihubung-hubungkan dengan agama Islam … bener-bener issue yang paling lutju dari koran-koran. Menjadikan wong Islam minder akan kekalahan yang ngga ada (ngga berarti) dalam sejarah tentang AprilMop.

Bener-bener deh wong Islam ini dibulan-bulanin padahal crita (sejarah) yang lain yang mungkin lebih benar ada dilink referensi dibawah sana,

Versi yg sering didengar adalah :

Dahulu kala (1582) akhir tahun kalender Gregorian terjadi pada 31 maret (atau 25 Maret). Kemudian diubah menjadi 1 January, tetapi karena penyebarannya menggunakan jalan kaki atau paling2 dengan kuda tentunya yang nuun jauuh disana belum tahu, apakah tahun ini sudah masuk tahun baru apa belum.

Nah muncullah tradisi “dagelan” ini.

Versi lain lagi mengatakan :

Dalam dongengan “Chaucer’s Canterbury (1392), pada cerita “Nun’s Priest’s Tale”  dikatakan hari ketigapuluh dua setelah Maret.  Chaucer mengartikan 32 hari setelah bulan Maret, yakni 2 Mei, karena hari itu adalah hari ulang tahun pertunangan Raja Richard II dari Inggris kepada Anne dari Bohemia, yang terjadi pada tahun 1381. Namun, tampaknya disalah pahami, pembaca baris ini mengartikan “Maret 32,” yaitu 1 April.

Dalam kisah dongeng Chaucer, ada yang mengatakan orang yg tertipu adalah rubah. Sehingga para tamu yang berdatangan salah tanggal/hari dan dipakai olok-olok sebagai si rubah yang bodoh !. Disini diambil pelajaran supaya kalau mau liat tanggal harus teliti, supaya jangan sampai “salah kostum !”

Jangan mudah percaya, carilah bukti sejarah

Jadi umat Islam itu mbok ya jangan percaya adanya kekalahan atau berita bernada permusuhan begini. Kekalahan ini mungkin tidak ada atau bahkan tidak berarti. Biasanya orang tidak akan melakukan atau mengingat sebuah kekalahan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dan aku juga ngga ngerti kenapa Ir H Asmara Dharma sampai menganggap seperti dibawah ini.

Ummat Islam banyak yang “latah” dan merayakan April Mop tanpa mengetahui dasar dan asal muasal peristiwa tersebut, kata Cendikiawan Muslim, Ir.H.Asmara Dharma dalam tulisannya yang diterima ANTARA di Medan, Minggu.

Skali lagi jangan terlalu percaya dengan segala cerita minus yang berhubungan dengan Islam. Carilah bukti kalau memang ini sebuah fakta. Bacalah kisah sejarah Islam maupun sejarah dunia yang menceritakan kekalahan ini, kalau ada silahkan dipublikasikan secara ilmiah. Jangan hanya percaya. Termasuk jangan asal percaya dengan tulisan saya, tetapi carilah bukti-bukti sejarahnya.

😦 “Pakdhe, lahwong koran-koran itu juga ngasih AprilMopnya juga kok. hehehehe”
😀 “Hallah, Thole ngga usah ngelessh ! Skarang gantian kamu foreward crita ini ke temen-temen soal ini supaya ngga dianggep culun !!”

Jangan menipu dan jangan teledor membaca kalender !

Nah kalau tidak ingin tradisi tipu menipu berketerusan karena tidak sesuai ajaran dan norma yang ada, ya katakan saja bahwa tradisi bohong itu salah. Jangan menutup kebohongan dengan kebohongan … Gitu saja !

Refrensi :

Iklan

Responses

  1. yup, saya juga nggak yakin kalau april mop ada hubungan dgn islam 🙂

  2. itu kan cuman buat lucu2-an ajah.Gak ada hubungan-nya ama agama 😀

  3. […] yang mengklarifikasi:http://maid3n.blogspot.com/2007/04/hoax-april-mop.htmlhttps://tempe.wordpress.com/2008/03/31/aprilmop-ngga-ada-hubungan-dengan-islam/http://wiki.direktif.web.id/moin.cgi/AprilMopSejarahMuslimhttp://orido.wordpress.com/2007/04/03/hotd-berbohong/#comment-1184http://www.islamtomorrow.com/lies/April_lies.asphttp://www.islamtomorrow.com/lies/History_April_Fools.asphttp://www.islamtomorrow.com/lies/fools.asphttp://www.islamicaweb.com/forums/archive/index.php/t-30891.htmlhttp://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html […]

  4. […] mengklarifikasi: http://maid3n.blogspot.com/2007/04/hoax-april-mop.html https://tempe.wordpress.com/2008/03/31/aprilmop-ngga-ada-hubungan-dengan-islam/ http://wiki.direktif.web.id/moin.cgi/AprilMopSejarahMuslim […]

  5. hmmm
    mungkin in April Mop-nya versi Republika mas
    hehehe

  6. waduh…piye iki mas? (sok pake basa jawa)

    hmm…terlepas dari bener or salahnya mas, seharusnya media Republika ngga hanya memberitakan secara sepihak dan harusnya riset/crosschek dulu sampe tuntas…apalagi dr sumber yg mungkin kurang mumpuni dlm ilmu sejarah or ilmu yg mendukungnya…

    yagh, mudah2an berita tersebut bukan berniat provokasi…

  7. Republika saja bisa salah
    Apalagi kita ?

    “Kita ? … lu aja kali, gwe enggak !”

  8. Apa juga bakal dihubung hubungkan dengan ISlam,

    jagan jangan mesin ducati berkonfigurasi L juga bakal dihubung2kan dengan islam 😆

    itu cuma orang Fanatik yang ke Geer sendiri

  9. Wah.. koran nasional menuju kemunduran. Tempo hari kompas dan pernyataan Roy suryo. Sekarang Republika dengan april moop. warakadah… 😦

  10. […] 2 3 4 5 6 7 Uniknya, untuk April Mop ada 2 postingan pada 2 blog dengan 1 pengelola, yaitu: Rovicky […]

  11. Tulisannya Yusuf Estes yang disini –> http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html, pun tidak menyebutkan sumber sejarah sebagai referensinya, seperti juga yang di Republika oleh Ir.H.Asmara Dharma. Jadi kedua artikel tersebut masih perlu pendalaman lebih lanjut.

    Saya cuma cross-check aja sih, ga enak kalo dapet berita tapi ga di cek dulu kebenarannya trus maen menghakimi, [awakku iku sopo saenake dewe ae menjudge wong lio]

    Paling baik ya husnudzhon saja, namanya manusia pasti salahnya banyak, seperti saya ini

    🙂

  12. dari dulu saya nggak pernah april mop an

  13. Dunia informasi di kelola oleh “barat” sehingga banyak terjadi rekayasa berita dan sumbernya. Hanya Allah SWT sebagai Yang Maha Segalanya. Kepadanyalah kita mohon diberikan petunjuk yang benar demi selamat dunia dan akhirat. Amien.

  14. aku setuju, setiap berita yang kayak gini seharusnya pihak Republika kroscek dulu. Jadi jangan semuanya dihubungkan dengan Barat vs Islam

  15. lha piye iki republika…
    mbo’ ya…


    kembali ke koran wp..
    🙂

  16. April Mop kelihatannya mirip dengan Valentine Day yang dengan sukses dimasyarakatkan oleh media (barat) sehingga orang Islam pun (termasuk anda semua) merayakannya. Memang hukumnya menjadi kabur atau sengaja dikaburkan. Kemudian orang Islam menjadi Islamophobia.

    Dunia memang sudah mau kiamat.

  17. Mari kita berani katakan bahwa yang benar itu benar dan salah itu salah. Kita merdeka untuk berpendapat.

    Bravo Republika ….

  18. ih untung akoe gak ikut2an April Mop tuh…
    (sekarang sih…)

    kalow duluw?
    (pernah juga sih…dikit tapi..)

    heu..heu..

    tapi buatkoe April Mop, enggak banged!!!

  19. Memang ada yang sengaja menghubung-hubungkan April mop dengan agama islam dengan tujuan untuk mengadu domba.

  20. namanya juga april mop, bikin “kaget”
    tapi, kalau yg jadi objeknya agama, kok gak pas ya… hmm…

  21. Republika siapa ya editornya ?? kok nggak mutu

  22. ach sbodo, sing pasti mah:
    – ada genosida hari itu, ini nonjok rasa kemanusiaan gw
    – ngapain juga bohongin orang? ga produktip ah, yang ada malah dosa -_-

  23. sensitif amat sih ama yang kebarat-baratan… dan
    cinta banget sih ama yang ke arab-araban…
    huh..

  24. Wah.. ternyata gampang kalo mau buat Surat Kabar, lha wong nggak perlu bener beritanya 😀
    hihihihi..

    • terutama yg berbau2 islam pasti cepet laku.
      walau isi berita tidak benar 😀

  25. ki rak podo karo aggota parlemen sing gawe pilem kuwi….

    salah ra popo, sing penting terkenal

    🙂

    koyok om roy juga gituh,
    salah ra popo sing penting terkenal 🙂

    lha, tapi pakdhe, terlepas teko masalah sing ditulis republika…, trus gunane APRIL MOP iku opo?????

    malah gawe dosa rak an???

    bingung aku, gawe dosa kok bangga 🙂

  26. april mop..april mop…
    ya..ya..ya

  27. Bagaimana dg Fitna, diulas di sini dong 🙂

  28. Fitna mau diulas? SIalhkan kesini aja mas: http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?t=23038

  29. […] mengklarifikasi: http://maid3n. blogspot. com /2007/04/hoax- april-mop. html http://tempe. wordpress. com /2008/03/31/ aprilmop- ngga-ada -hubungan-dengan- islam/ http://wiki. direktif. web.id /moin.cgi/AprilMopS ejarahMuslim http://orido. wordpress. com […]

  30. Yang gak mutu Asmara Dharma atau Republika … atau dua-duanya….

    Atau dua-duanya cuma mau bikin sensasi…..

    Jadi kita taulah kualitas keduanya kayak apa…. sakitu hungkul…

  31. Pemberitaan soal “april mop” itu menyedihkan.

    Tapi yang lebih menyedihkan, ternyata Antara dan Republika menganggap sepi saja, walau tahu mereka menulis salah.

    Lebih menyedihkan lagi, ada orang2 yg menganggap semua itu sebenernya bener. Cuma oleh orang Barat dibuat seolah2 itu hoax aja.

    Pertanda apa pak?

  32. Rasanya dulu itu bulan terakhirnya bukan Maret, tapi Februari.
    Jadi hitungannya dimulai di bulan Maret (bulan 1), nanti akan jadi pas, September bulan ke-7, Oktober bulan ke-8, November bulan ke-9, Desember bulan ke-10.
    Nah, kalo gitu teori April Mop-nya wilstar ga cocok juga dong?

  33. weleh.. tinggal dilihat ada keuntungannya ga seh April Mop iku..
    mana ada orang yg seneng/mau dikadali..
    apalagi disangkut pautkan dg agama, ditambah nda ada referensi penunjang yg bener-bener.. lha malah dadi salah kaprah..
    nah klo April Mop bisa bikin orang laen bahagia, yah diikuti aja.. itung2 nambah pahala bukan dosa..

  34. koran2 sekarang emang bego bego
    kalo bikin berita, tidak di telusuri terlebih dahulu.

    ada yang masih inget nga…?
    pas pak harto sekarat di rumah sakit pertamina.

    banyak koran yang bikin berita begini.

    PAk HARTO PESEN PIZZA (dah jelas2 sekarat)

    bego banget kan tuh koran2 yang bikin berita begitu, jadi headline lagi.

    antara cari sensasi buat para pembaca ama bego ngak ada bedanya.

    bingung dah ane.

  35. Tidak membela Republika lho, tapi selama histori memeng lebih banyak versi barat, Semoga Pak dhe berkesempatan ke spanyol (asal usul april moop dimana Muslim tidak ada lagi disana), penelusuran arkeologi, geologi sedikit sa…misalnya sistem pertanian yang dibawa ketika jaman Islam disana, nama2 tempat seperti selat Jibaltar (islami kan), Kaitan dan flashback Ferdinan Cortez si “pembantai Indian Aztex”, Gereja berbehan Emas di spanyol, semboyan Gold Glori Gospel, Perang Salib. selamat menulusuri sejarah ya Pak Dhe

  36. dongeng khayalan….

  37. hihihi…
    lha wong april mop.. ya ada unsur kejutannya dong

  38. Kalo aku sich melihatnya, ngapain kita ikut2an acara bohong2in kaya bule2 gila, lha wong bangsa lagi susah malah ikut2an april mop-april mop-an.

    Dan kalo memang ternyata benar dari sejarah Islam, kan bukan sesuatu yang luar biasa, Pangeran Diponegoro aja ditangkap dengan cara ini sebagaimana Pahlawan-Pahlawan bangsa yang laen, juga gitu kan,

    yang notabene Londo juga membawa konsep yang sama dengan Orang2 Eropa yang laen apa itu: GOLD, GLORY and GOSPEL.

    gitchu…

  39. jangan bodoh dan selalu tutup mata dengan hal-hal seperti ini,kalo memang anda masih ingin merayakannya ya silahkan… tapi yang perlu anda ketahui bahwa kekejaman orang2 kafir terhadap muslim sangat amat tidak dapat anda bayangkan dengan segala kelicikan dan kecurangannya.
    ini bukan kekalahan umat muslim tetapi peringatan agar jangan terjadi pada diri anda dan keluarga anda.
    UMAT MUSLIM AKAN SELALU JAYA SAMPAI KAPANPUN!!!!!!
    INI BUKAN FANATISME MELAINKAN KESADARAN

  40. bagaimana kalo kita fanatis dengan sadar mas? punya ghirah yang tinggi terhadap islam.. tapi juga tetap kritis terhadap informasi.

  41. Coba simak dulu apa yg tertulis di artikel republika itu, lalu simak juga artikel yg kontra dgn informasi koran itu, baru lah gunakan akal, perasaan dan hati nurani yg bersih… Mana kah informasi yg lebih mendekati kebenaran ? Jangan asal ngomong kontra dgn isi yg ditulis Republika. Tentu koran ini tak kan senaif itu meloloskan berita/tulisan yg berpotensi merusak citranya sebagai “pegangan kebenaran”. Sebagai muslim, omongan siapa yg lebih bisa dipercaya/dipegang? informasi dr sesama muslim/ omongan dr orang munafik, apalagi dr orang kafir ?!

  42. Kitahendaknya berhusnudzon aj kepada Republika
    Siapa tw jstr antum yg malah salah
    atw bahkan malah kedua-duanya
    sebenarnya tujuan Republika kan baik,
    mereka cuma mw menginformasikan sesuatu yang mgkin blem trbkti kebenarannya
    namanya aja media, pasti tak luput dri kesalahan
    yang benar datangnya dari Allah dan yang slah dri diri kita sendiri

  43. Jadi kesimpulannya gimana neh?

    cheers
    http://www.oilgasrigs.info

  44. kita paling suka emang menghubung-hubungkan (kita? republika aja kalee..) sama seperti bola, katanya gak boleh dimainkan, karena sejarahnya adalah pembunuhan imam husein, lalu kepala beliau ditendang-tendang.. aneh ya?
    dalam umat Islam sendiri, memang ada sebagian yang suka banget makan-makan issue seperti itu, padahal pasti gak kenyang 😛

    • NAMA ANDA SAJA SUDAH KAYA ORANG RUSIA (ATAU HANYA IKUT-IKUTAN), PASTI ANDA KOMUNIS!

  45. Phoenix ada disini rupanya, kamu tau gak , kenapa saya diban di FFI?, karena hanya berlian yang memotong berlian

  46. APRIL MOP BIADAB!HIDUP ISLAM!KENAPA MUSLIM SELALU KALAH SAMA MINORITAS (NON-MUSLIM)? GO TO HELL NON-MUSLIM! BTW,INI SITUS ORANG JAWA ATAU INDONESIA?KO,JAWA SEMUA?

  47. JUSTRU SITUS INI YANG HOAX!

  48. http://eramuslim.com/berita/nasional/april-mop-merupakan-perayaan-pembataian-umat-islam-tak-pantas-dirayakan.htm

  49. silakan cek gan…
    BAHAYA SITUS WIKIPEDIA:
    http://dhymas.wordpress.com/bahaya-situs-wikipedia/

  50. sabar atuh kang ISRAHELL
    kita tunggu aja kehancuran YAHUDI n NASHARA yang memusuhi ISLAM dan MUSLIM dimanapun mereka berada,
    kemenangan ISLAM dan MUSLIM segera menjelang euuuuuy
    Allahu Akbar!!!

    bagi yang NON-Islam tolong jangan terburu-buru menafsirkan kalimat saya di atas,

    kalian juga terpecah menjadi banyak aliran-aliran n sekte-sekte sama seperti ISLAM,
    jadi TIDAK SEMUA kalian MEMUSUHI ISLAM akan tetapi

    KEBANYAKAN dari kalian MEMUSUHI ISLAM…

    banyak bukti contoh,

    POSO: ISLAM minoritas, kristen mayoritas jadinya >>> kalian dah tau

    untuk kalian yang memang berdamai dengan ISLAM (TIDAK MEMUSUHI dgn cara apapun)

    ya jadinya kayak di sebagian besar penjuru tanah air Indonesia,

    JAWA,KALIMANTAN,SUMATRA,dll: ISLAM mayoritas, kristen minoritas >>> tentram, damai, aman, sentausa…

    kebenaran itu memang apa yang kalian rasakan sendiri,
    bukan bualan paus dgn bibelnya…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: