Oleh: Rovicky | Juni 6, 2008

Ulang tahunnya pasti hari sabtu


Cuman mau crita aja,

Di Malaysia ini aneh tapi nyata. Setiap hari sabtu pertama di bulan Juni selalu merupakan hari libur nasional karena ulang tahun raja. Atau dikenal dengan nama Agong’s Birthday.

Jadi setiap tahun Sang Raja (Agong) berulang tahun pada hari yang sama tetapi tidak pada tanggal yang sama. Looh. Dan lebih aneh lagi karena hari itu sudah ditetapkan hari ulang tahunnya. Ntah siapapun rajanya, dan kapanpun dia dilahirkan. Tapi itulah hari ulang tahunnya.

Loetjoe tapi nyata

Met ulang tahun ya ….

Info tambahan : Malaysia merupakan negara federal dimana terdiri atas federasi atau kumpulan kerajaan-kerajaan kecil, yang dipimpin raja atau sultan. Negara Federasi Malaya ini terbentuk sebelum Sabah dan Sarawak bergabung membentuk Negara Malaysia yang sekarang ini. Kesembilan Raja itu adalah:

  1. Yang di-Pertuan Besar of Negeri Sembilan
  2. The Sultan of Selangor
  3. The Raja of Perlis
  4. The Sultan of Terengganu
  5. The Sultan of Kedah
  6. The Sultan of Kelantan
  7. The Sultan of Pahang
  8. The Sultan of Johor
  9. The Sultan of Perak

Kesembilan sultan dan raja inilah yang bergantian menjadi Agong sebagai simbolik raja keseluruhan Malaya. Dan selalu berulang tahun di hari yang sama

Sumber Cerita dari Tante wiki

Iklan

Responses

  1. ada alasannya ngga pakdhe kok hari yang dipilih sabtu? apa biar ngepasin weekend?

  2. biar pesta nya lama ya.. sabtu – minggu 😀

  3. Bukan termasuk cuti bersama…

  4. Yang penting pesta PakDhe, kalo sabtu kan bisa nyambung jadi lama. mBuh ulang tahun siapa… 🙂

  5. itu juga semacam “kebijakan” yang ada di negeri kita ini 🙂

  6. eh di indonesia jg dah ada lho hari sabtu ulang tahun.. dan pasti.. kayak pegawai bank dkt rumah kos saya di jogja. kalo sabtu mrk tutup katanya ada party dirumah masing2
    bbrp PNS jg gitu kok hehehe jadi nggak cuman di malay aja kali ya pakde
    btw pakde beruntung banget ya bisa work tour gitu kliling dunia.. pasti keluarga nya hepi nih
    pakde kalo ada rncn pindah negara kemana pakde? saran ku buat rumah bongkar pasang aja pasti asik
    btw pak de kl dah g kerja mau apa rencananya? kalo mau buka toko aku jadi pegawainya ya pakde hehehehe

  7. met pesta…
    salam untuk para TKI, para pahlawan devisa, di malaysia.

  8. wakakak… asiik disini banyak hari cuti nasionalnyaaa! 😀

  9. malaysia mmg unik…..

  10. hehhehehe…..ulang hari kalo gitu namanya.

    cheers
    http://www.oilgasrigs.info

  11. Kepikiran nggak bila semua profesi minta hari jadinya sebagai hari libur nasional. Kalau ada 366 profesi???

    Libur disatukan, untuk memudahkan perencanaan, seharusnya ditetapkan jauh-jauh hari, ya sebelum perencanaan itu dimulai.

    Terkadang agama menjadi alasan paling kuat, kira-kira di kitab sucinya disebut nggak ya liburnya seharian penuh!

  12. Nambah sedikit: Malaysia aja pintar, biar nggak pusing setiap periode, ganti-ganti hari libur menyesuaikan tanggal lahir Yng Dipertuan Agung nya, mending diSEPAKATI satu tanggal yang tetap.

    Ini namanya memudahkan perencanaan, tak perlu cek ulang setiap saat, di negara A, B, C, libur tahun depannya hari apa saja. Pelayanan dan interaksi umum lebih cespleng.

  13. aneh juga tuh maleisiye


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: