Oleh: Rovicky | September 20, 2008

Apakah Sholat itu misteri ?


Masjidil Haram by you.Aku mendapatkan kiriman email berisi tentang sebuah presentasi dari sebuah buku “Misteri Sholat Subuh”. Ntah kenapa aku ngga tertarik isinya malah tertarik judulnya. Kayaknya ada setan yang ga ketangkep sebelum puasa kemarin membelokkan.

Yang jelas aku ngga setuju kalau ada preposisi misteri pada kata sholat.

Kenapa ya kita lebih tertarik kalau masalah keimanan atau pelajaran dalam Islam disebut atau menggunakan preposisi kata  “misteri” ?
Padahal kita tahu bahwa Islam itu sebuah keimanan yang berdasarkan logika, bukan klenik. (atau memang klenik ku aja yg ga tau. cmiiw).

Barangkali memang senagaja dipakai sebagai daya tarik supaya kita membukanya atau membacanya dan mempelajarinya. Tetapi ada satu sisi kelemahannya yang akhirnya mengesankan bahwa Islam itu sebuah
“misteri”. Aku cari di inet apa itu mystery :

Easier – A mystery is something that is difficult to explain or understand. Mysteries are also stories where a problem, crime, or puzzle must be solved.

Harder – Mysteries often contain secrets or hidden qualities that must be solved. There may be information that is unknown and must be explained. Professional detectives and sleuths seek out clues to solve mysteries. To solve a mystery, people must use their skills at deductive reasoning.

Definisi termudah mengatakan bahwa misteri itu sesuatu yang susah dijelaskan atau dimengerti. Lah padahal Islam itu kita yakini sebagai agama yang “mudah dimengerti”. Lah kok kebalik-balik jadinya. Akhirnya memang kita sering menyaksikan, lebih banyak penyampaian Islam itu menempel pada filem-filem misteri atau dulu banyak disebut-sebut sebagai Islam belatung. Haddduh !!!

Seorang kawan yang kebetulan lebih banyak mengerti tentang ayat dan hadist mengatakan sebaiknya kalau dengan Alquran itu menerima apa adanya.

“…. nggak juga. Lebih baik menerima (beriman) thok tanpa dipikir, udah selamet akhirat.
Masalahnya ada yg jauuuh lebih berat, yaitu menjalankannya secara konsisten..”
(yg ini aku mumet gulung koming…).

Kalau untuk ibadah ritual, aku juga menerima apa adanya … aku bersahadat, sholat sampai haji juga ngikut aja ‘no question’, tanpa bertanya. Diminta nglempar batu ya lempar juga mengikuti aturan yang ada. Diminta jumlah batunya tujuh ya ngikut tujuh (bukan karena Maryanto🙂. Mau ada yang bilang nglempar seharusnya ke setan-setan di jalan, tetapi kalau dalam ritual haji harus ke jumrah ya aku ngikut aturan ke jumrah tanpa bertanya. Termasuk alhamdulillah mencium hajar aswad juga tanpa pertanyaan. walaupun hanya kebagian beberapa detik🙂

Makanya cenderung tidak mementingkan mencari misteri sholat subuh atau sholat ashar. Disitu sudah bukan misteri, itu perintah yang harus diikuti titik ! Aku juga ngga perlu mencari-cari alasan mengapa babi haram. Itu larangan, titik ! Lah kalau soal merokok … hhhmmm itu diskusi laen🙂

Tapi untuk ibadah yang bersifat muamalah, mengarungi kehidupan, mencari kerja, mencari ilmu dunia …. naah ini dia aku perlu mikir sampai gulung koming … berusaha semampunya. Bukan menerima bencana alam sebagai hukuman atau teguran, bukan sekedar menerima rejeki berapapun yang diberi. Tetapi mesti berusaha sekuat otak dan otot ini masih diberi kemampuan oleh Allah SWT. Makanya aku akan menyikapi ayat yang diawali dengan “Ketahuilah, ….” “Tahukah kamu …. ” ini merupakan ayat ajakan Gusti Allah untuk berpikir dan mengkaji lebih dalam … sampai gulung koming.

Berbeda dengan ayat “berpuasalah kamu seperti …. dst dst” … ini sebuah perintah yang diikuti tanpa bertanya lagi. Aku rasa bagi yang beriman ngga perlu mencari “misteri” puasa lagi.

Nantinya umat Islam tertinggal dari kaum yang lain kalau lebih tertarik pada misteri sholat keimbang misteri gunung berapi maupun misteri bencana tsunami. Banyak sekali ayat-ayat dalam AlQuran yang bisa mengambil manfaat laut, seperti bukunya Agus Jamil itu. Juga ayat yang mengatakan “Berjalanlah kamu di muka bumi ini … dst dst …” Itu sebuah ajakan ibadah muamalah yang perlu otak dan otot. Ketika mendapat kalimat ” … bagaimana unta diciptakan, langit ditinggikan ….” (QS. Al-Ghasyiah, 88:17-21), kita kan ngga trus mengatakan …”tuuuh Allah bilang apa ,… masak lu ga percaya kata tuhan ?“, Tapi justru mestinya ayat-ayat dilihat lagi lebih dalam. Kalau sekedar percaya trus diem memang mungkin bermanfaat buat si muslim, tapi ngga ada deh manfaat Islam untuk seluruh alam.

Dengan mengkaji ayat-ayat beginilah maka Islam akan menjadi rahmatan lil alamin insya Allah bisa menambah keimanan.

Mengapa judulnya tidak diganti saja “Keutamaan Sholat Subuh


Responses

  1. alah..itukan cuman akal-akalam marketing aja biar laku

  2. asalammualaikum…
    sriuz tuwh ka, ad bku yg kyak bgituw???
    waah,tuwh pmbuat bku sog tau..

  3. aku rasa yang buat Buku, demen nonton sinetron,
    suka kedukun

    wakakakakakaka

  4. ::secara saya, Sholat adalah mistery,
    1. Turunnya engga tanpa gerak dan bacaan
    2. Allah dan Rasul menggunakan Umpama dalam penyampaian sehingga AQ dinyatakan meskipun ditulis dengan tinta sesamudra ditambah 7 serupa tidak bakalan selesai, seperti itulah keluasan AQ.
    Yah…, kita juga engga jelas untuk tujuan apa kita diciptakan, jadi engga perlu mikir kali ya…. meskipun dengan demikian kita tidak dipanggil denga sebutan ‘Yaa Tafakkaruun..”

  5. Any way isi itu buku bagus bgt .. “bila kau tau betapa besarnya pahala sholat subuh berjamaah ke masjid, maka kau akan mendatanginya walaupun harus merangkak” .. waduh mantap tenan .. mungkin tepatnya jangan ditulis misteri tetapi rahasia sholat subuh

    Regards

    Inu Arya A
    http://www.butik-ceria.com
    Butik Sprei Online

  6. Wah,lumayan bikin gw mumet gulung koming juga.;-)

  7. kadang mencari tau kenapa itu “diperintah” kenapa itu “dilarang” menjadikan kita lebih mengenal Allah.

    ya, kita semua tau, salah satu mengenal Allah adalah mengerti dengan baik setiap perintah dan larangannya.
    tapi tentu dengan selalu berdoa agar pencarian 2 hal tsb diatas selalu dibimbing oleh Allah.

    misalnya seperti puasa, kita diperintah puasa dan minimal sudah baik jika dikerjakan. tapi akan lebih baik lagi jika kita mau mencari kenapa puasa diharuskan, ternyata puasa bisa menyehatkan, bisa merasakan laparnya org miskin (yg diharapkan kita menjadi lebih peduli thd mereka) kita bisa berlatih kesabaran, menahan nafsu dll… yg akhirnya dgn pengetahuan semua itu kita insya Allah bisa lebih semangat dan ikhlas menjalankan puasa dan bersyukur kpd Allah krn Allah begitu sayang thd kita sehingga diberikan hal-hal yg baik.

    ada beberapa org yg menyukai menelusuri “misteri” perintah dan larangan Allah.

    kata misteri menurut aku ga masalah, tergantung bagaimana kita menyikapi kata tsb.

    dan ttg sholat, memang aku setuju jika dikatakan adanya misteri dari sholat itu, apakah sholat shubuh, maghrib, tahajud, dll.

    keutamaan sholat adalah sbg perintah dari Allah dan sbg tiang agama…

    namun mungkin yg dimaksud misteri sholat adalah berhubungan dengan hal-hal yg tidak diberitakan langsung, namun kita bisa mengetahui dengan menelusuri…

    mungkin aku g akan jelasin apa aja, krn panjang banget, yg pasti sholat adalah suatu hal luar biasa yg memiliki hubungan dengan perputaran bumi, kesehatan, jumlah rakaat yg sedemikian indah dan memiliki makna yg menggambarkan kebesaran Allah dll masih sangat banyak. monggo di googling aja, byk artikel berbicara mengenai itu.

    lalu apa gunanya kita mengetahui itu ? bukankah dgn melaksanakan saja sudah baik ? ya betul.

    aku pribadi berpikir, dgn kita mengetahui rahasia/misteri akan sesuatu… hal tsb akan lebih mendekatkan kita kpd Allah dan kita sadar bahwa kita manusia sangatlah kecil dibanding kekuasaan Allah… dan adalah bentuk kasih sayang Allah kpd kita memberikan perintah yg sedemikian itu. yg kadang justru dgn pengetahuan yg minim masih byk org yg menentang perintah Allah… krn “mungkin” mereka tidak pernah tau atau tidak mau tau ttg “misteri” perintah dan larangan Allah kpd manusia.

    wallahu alam.
    diatas hanya pendapat saya yg tentu masih jauh dari kesempurnaan.

  8. Wah, sudah kadung dikenal sebagai “misteri” dan masuk kawasan ghoibiyah, koq sampeyan bilang tentang “logika”. Siap2 deh “dibantai”, hehehe…atau dicap liberal

  9. Ikutan menuh2in halaman ah… hehe

    mystery1
    ■ noun (plural mysteries)
    something that is difficult or impossible to understand or explain. ▶secrecy or obscurity. ▶a person or thing whose identity or nature is puzzling or unknown.
    a novel, play, or film dealing with a puzzling crime.
    (mysteries) the secret rites of an ancient or tribal religion, to which only initiates are admitted. ▶archaic the Christian Eucharist.
    chiefly Christian Theology a religious belief based on divine revelation and regarded as beyond human understanding.
    an incident in the life of Jesus or of a saint as a focus of devotion in the Roman Catholic Church, especially each of those commemorated by one of the decades of the rosary.

    The word mystery entered Middle English via Old French mistere or Latin mysterium. As with the associated word mystic, it ultimately derives from the Greek word mustērion, which has its root in muein ‘close the eyes or lips’, also ‘initiate’. The connection between these two meanings probably arose from secret religious ceremonies in ancient Greece, which were witnessed only by the initiated, who swore never to disclose what they had seen.

    x
    mystery2
    ■ noun (plural mysteries) archaic a handicraft or trade.

    ME: from med. L. misterium, contr. of ministerium ‘ministry’, by assoc. with mysterium (see mystery1).

    © Oxford University Press, 2004

    Concise Oxford Thesaurus

    mystery
    ▶ noun
    his death remains a mystery: PUZZLE, enigma, conundrum, riddle, secret, (unsolved) problem.
    her past is shrouded in mystery: SECRECY, obscurity, uncertainty, mystique.
    a murder mystery: THRILLER, detective story/novel, murder story; informal whodunnit.

    © Oxford University Press 1995, 2002

    Merriam-Webster Collegiate® Dictionary

    1mys·tery
    Pronunciation: ‘mis-t(ə-)rē
    Function: noun
    Inflected Form: plural -ter·ies
    Etymology: Middle English mysterie, from Latin mysterium, from Greek mystērion, from mystēs initiate
    Date: 14th century

    1 a : a religious truth that one can know only by revelation and cannot fully understand b (1) : any of the 15 events (as the Nativity, the Crucifixion, or the Assumption) serving as a subject for meditation during the saying of the rosary (2) capitalized : a Christian sacrament specifically : EUCHARIST c (1) : a secret religious rite believed (as in Eleusinian and Mithraic cults) to impart enduring bliss to the initiate (2) : a cult devoted to such rites
    2 a : something not understood or beyond understanding : ENIGMA b obsolete : a private secret c : the secret or specialized practices or ritual peculiar to an occupation or a body of people d : a piece of fiction dealing usually with the solution of a mysterious crime
    3 : profound, inexplicable, or secretive quality or character
    synonyms MYSTERY, PROBLEM, ENIGMA, RIDDLE, PUZZLE mean something which baffles or perplexes. MYSTERY applies to what cannot be fully understood by reason or less strictly to whatever resists or defies explanation . PROBLEM applies to a question or difficulty calling for a solution or causing concern . ENIGMA applies to utterance or behavior that is very difficult to interpret . RIDDLE suggests an enigma or problem involving paradox or apparent contradiction . PUZZLE applies to an enigma or problem that challenges ingenuity for its solution .

    x
    2mystery
    Function: noun
    Inflected Form: plural -ter·ies
    Etymology: Middle English ministry, office, craft, from Anglo-French mesterie, from Late Latin misterium, mysterium, alteration of ministerium service, occupation, from minister servant ― more at MINISTER
    Date: 14th century

    1 archaic : TRADE, CRAFT
    2 archaic : a body of persons engaged in a particular trade, business, or profession : GUILD
    3 : MYSTERY PLAY

    © 2005 Merriam-Webster, Incorporated

    Merriam-Webster Collegiate® Thesaurus

    mystery
    Function: noun

    something which baffles or perplexes <the mystery of her disappearance has never been solved>
    Synonyms: Chinese puzzle, closed book, conundrum, enigma, mystification, puzzle, puzzlement, riddle, why
    Related Words: poser, problem, stumper; perplexity; brainteaser, brain twister
    Contrasted Words: open book

    © 2005 Merriam-Webster, Incorporated

  10. aku nggak percaya kalau shalat itu misteri nggak mungkin lah

  11. Sepakat Pak Dhe,

    Memang kultur masyarakat kita seneng pada hal-hal yang terkesan luar biasa, aneh, dan tak terjangkau. Apalagi dalam hal agama. Bukannya berupaya agar beragamanya benar dan ikhlas, tapi malah mencari mister-misteri, mistik-mistik dan “kehebatan” atribut dan ritual agama. :-t

    Seperti Kisah Wali Songo, pasti yang pertama kali muncul dalam benak kita adalah “kehebatan” (ingat, dalam tanda petik lho ya) para wali. Harusnya yang diingat adalah bahwa perjuangan beliau-beliau itu perlu dilanjutkan. Kalo dulu kemben telah ditutup dengan kebaya, sekarang kita lanjutkan dengan jilbab yang sesuai syariat Islam. cmiiw

    Jarene Mbah Kakung, dadi manungsa Ojo Gumunan, Ojo Kagetan, Ojo adigang adigung….

    b-(

  12. A

  13. ada hal yang menjadi misteri dan ada hal yang bisa dilogika. kalo berpikir bisa menambah imanmu ya berpikirlah. kalo ga kuat ya ga usah

  14. wah bagus judul oerlu diganti ” keutamaan sholat subuh” because sholat subuh punya bnyak keutamaan,,n bikin manusia rajin g malesan molor mulu,,
    trus ngerjain tgas pgi..

    o y
    agma itu kan pemahamn n pemahaman org itu beda2 makane muncul bnyak pdpt..
    wajar lo bikin pusing..
    akhirnya kembali ke diri kita masing2 deh..

    tawakal kpd ALLAH swt salah satu jalan ya bx juga

  15. Islam itu agama yang the best menurut g, sorry nih klo ngomongin agama, tapi klo di pikir-pikir ada baiknya kalo di ganti dgn keutamaan ajaran agama islam lebih sempurna judulnya ketimbang pake kata “misteri”.

  16. Wah mumet. Ndak usah dibahas terlalu panjang.
    Yang penting, kerjakan saja sholat 5 waktu, PADA AWAL WAKTU.
    sekali lagi : PADA AWAL WAKTU.
    Supaya kita tidak dianggap ” MENYEPELEKAN ALLAH”

    Insyaa Allah berkah. amin

  17. saya pikir justru penting bagi umat islam untuk tahu maksud di balik sholat. kenapa subuh 2 rakaat, bukan 4 rakaat,dst. jangan sampai kita melaksanakan perintah, karena ikut-ikutan orang tua kita, bukan berdasarkan hasil pencarian dan perenungan yang panjang. sebab,setiap perintah pasti ada manfaatnya untuk manusia.bukannya meragukan perintah Nya, namum ALLAH telah menganggap umat hari ini telah “dewasa”, sehingga tidak mengutus nagi lagi ke dunia ini. nah, disinilah problem umat islam hari ini, tidak ada lagi tempat bertanya yang jawabannya bisa diterima semua golongan dalam islam, dan memang dia telah di berikan otoritas sebagai tempat mendapatkan jawaban terhadap apa saja yg belum kita ketahui. sebagaimana umat nabi yang bisa langsung bertanya kepada sumbernya dan memang para nabi berhak untuk memberikan jawaban dan sudah mendapatkan otoritas untuk itu.

  18. Yah, setahu aku sih Agama Islam tuh Rahmatan Lil ‘Alamin dan itu berlaku hingga hari kiamat (gak nyambung, euy?)

  19. mungkin maksud si mpunya….
    didalam sholat terkandung banyak manfaat yg belum kita tahu… maka di kutip kata “misteri” tadi….

  20. Pake istilah HIKMAH kayaknya lebih cocok….

  21. Aku tertarik dgn buku itu krn Judulnya…Dan ternyata isinya cukup menggugah nurani …. ada hikmah dibalik keutamaan Sholat Subuh, apalagi bisa berjamaah… Beribadah kepada Allah SWT, menjalin tali silaturahmi….dan sehat jasmani, rohani.

  22. itu kan startegi marketing agar buku itu laku dan orang tertarik membaca. tapi yang terpenting dari itu adalah mampukah kita melaksanakan sholat subuh secara berjamaah terus menerus. Itu yang lebih penting.

    salam
    Omjay

  23. misteri?

    belum pernah tahu Johari Window ya?

    ada 4 kuadran. salah satunya adalah kuadran “misteri” maksudnya adalah kamu tak tahu, aku juga gak tahu.

    pengambilan kata misteri cocok diambil. karena kita memang belum tahu apa yang ada di balik sholat subuh. itulah yang akan diinformasikan ke kita semua yang belum tahu apa manfaat dari sholat subuh tersebut.

    jadi jang beranggapan kalo kata misteri selalu terkait dengan klenik.

  24. hmm btw udah baca bukunya blum? atau baru lihat judulnya aja? “don’t judge a book by its cover” kan?😀
    saya udah baca, dan isinya *imo* bagus.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: