Oleh: Rovicky | November 21, 2008

Soeharto dan iklan partai


Siapa Soeharto ?

Yang pasti Soeharto itu “penguasa Indonesia” yang sukses. Bayangkan menguasai sebuah negara besar dengan penduduk lebih dari 200 juta (termasuk kita) dalam kurun waktu lebih dari 30 tahun ! Yang pasti beliau akan masuk dalam perjalanan sejarah bangsa ini. Akan masuk dalam buku sejarah Indonesia di tahun 2050 atau 2100 nanti.

Ntah sebagai apapun.

Bagi “Indonesia”, dia adalah pemersatu. Ntah jadi satunya seperti apa dan dengan cara apa. Yang penting dalam pemikiran politik kenegaraan dan kekuasaan dia telah menyatukannya. Seperti Dinasti China pertama yang menyatukan China. Ntah dia melakukannya dengan cara kekerasan (perang, karena ada yang melawan) ataupun dengan jalan rundingan (karena ada yang takut).

Jangan terlalu melankolis bahwa Soeharto beragama apa, ataupun dia dari suku apa, atau dia jenis kelaminnya apa. Tetapi dia “penguasa kuat” selama 30 tahun lebih.

IKATAN EMOSIONAL

Kalau boleh berimprovisasi.
Saat ini tidak ada yang memiliki ikatan emosional dengan Gadjahmada. Gadjahmada menyatukan sebagian besar daerah di Asia Tenggara. Walaupun konon diketahui (ditengarai) pernah juga melakukan pembunuhan massal karena melawan perintahnya. Tetapi nama Gadjahmada tetap saja membahana di negeri ini. Hampir setiap kota memiliki nama jalan Gajah mada yg merupakan jalan utama (kecuali Jawa Barat).

Apakah kita menjadikan Gadjah Mada sebagai guru atau panutan ? aku rasa tidak harus.
Tetapi kita “mengakui” bahwa pernah ada anak bangsa yang pernah hidup di negeri ini yang memiliki kemampuan untuk menyatukan daerah seluas hingga Semenanjung peninsular Malaya hingga Phillipina. Orang ini (Gadjahmada) menjadi patron dalam kesatuan Indonesia.

Demikian juga dengan Soeharto. 50-100 tahun lagi anak cicit kita akan mengatakan bahwa di Indonesia (kalau namanya masih ada) pernah ada seseorang yang mampu mempertahankan kekuasaannya di negeri ini selama 30 tahun lebih !

Lah ketika Soeharto itu di”usung” untuk kebutuhan partai saat ini ceritanya bisa beragam. Karena ikatan emosional Soeharto masih ada dalam rentang emosi pribadi rakyat saat ini.

Terburu-buru ?
Mungkin juga disengaja, karena yang dibutuhkan dalam iklan adalah “impact !”


Responses

  1. Emang maksudnya iklan politik itu ya githu pakdhe…

    Biar ada ‘booming’ (kalau perlu sedikit kontroversi) dan kalau booming khan mudah diingat buat 2009

    Salam
    Wahyu

  2. duh jadi gatel pingin komentar, pak dhe. kalo jualan tempe, bolehlah iklannya sensasional mengejar impact. lha kalo partai politik kan harusnya memberi pembelajaran (minimal tdk membodohi) masyarakat. yah… tampaknya memang utopia sih

    (masalahnya partai yg isinya katanya orang2 terpelajar sudah tdk punya prisip ky gitu, sy jadi kepingin golput saja)

  3. bodoh banget ya pakdhe kalo ada yang pengon golput pada 2009 nanti. Masalhanya apakah dengan golput itu nantinya akan memperbaiki masalah?
    kalo menurutku sih….memang ga ada yang 100% baik dari yang akan kita pilih di 2009 nanti, tapi semestinya kita pun juga harus jeli memilih satu yang baik dari sekian yang buruk…..paling tidak kita sudah berusaha untuk menjadi salah satu dari elemen bangsa ini untuk memperbaiki keadaan yang sudah carut marut ini. So, pasifis, tidak ada artinya…justru jadi alat penghambat, OK!!!!!!

  4. kita kudu adil kalo menilai orang. tiap orang punya sisi baik disamping sisi buruknya, juga sebaliknya. nah kalo dari generasi ke generasi terus menerus mengutuk dan mendendam tanpa kita melihat jasa dan prestasi seseorang kapan negere ini bisa aman damai sejahtera ? lihat saja almarhum amrozi cs di tengah hujatan orang sedunia sebagai bali bomber, eh rupanya TUHAN memberinya mereka ciri-ciri HUSNUL KHOTIMAH. dan bisa jadi orang yang dielu-elukan sebagai orang bersih malah jadi bual-bulan malaikat penjaga kubur. nah sisi ini mungkin yang dipakai si partai ngangkat tuh mendiang. supaya kita adil en arif menilai seseorang. ok pak boss !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: