Oleh: Rovicky | Juni 18, 2009

Kalau memang Boediono tidak berpaham Neolib …


http://matanews.com/wp-content/uploads/boediono.jpegDalam kontex teori ekonomi memang tidak pernah ada paham Neoliberalisme. Yang ada istilah kapitalisme. Yang saya tahu Pak Boediono bersama Almarhum Prof Dr. Mubyarto pada tahun 1980-an, pernah menulis buku mengenai Ekonomi Pancasila yang kemudian dikenal sebagai Ekonomi Kerakyatan.

Kalau memang Boediono tidak berpaham Neolib ….
Yang saya (“merasa“) tahu, barangkali saat itu Budiono ini KALAH dengan gempuran IMF yg “berwarna Neolib” pada saat beliau menjadi Dirut BI. Pada saat beliau menandatangi kesepakatan dengan IMF, bisa jadi, bukan berarti beliau ini stuju dengan IMF dan mengiyakan IMF, tetapi bisa saja Bodiono TELUK (Tekuk Lutut) atau ANGKAT TANGAN, dan sebagai seorang pejabat yang berwenang belia harus, dan mau tak mau kudu menandatangai.

Tuduhan-tuduhan selama ini mengatakan Boed itu neoliberal karena beliau menyetujui perundingan dengan IMF. Dalam benaku itu bukan perundingan tetapi sebuah pertempuran …. dan IMF memenangkan pertempuran itu. Karena IMF berwarna merah siapapun yang keluar dari medan pertempuran itu akan berwarna kemerah-merahan …

Saya kira siapa saja yang menjadi BI wektu itu akan KALAH berunding dengan IMF, dan akan menandatangi kesepakatan dengan IMF. Namanya juga nota kekalahan, bukan nota kesepakatan. Dan konsekuanesinya akan di CAP Sejalan dengan IMF (Neolib). Kalau beliau lari maka konsekuensinya ya dianggap tidak bertanggung jawab. Nah konsekuensi mana yang mestinya diambil seorang pejabat ?

Iklan

Responses

  1. Rovicky: Kalau memang Boediono tidak berpaham Neolib ……

    Saya kira siapa saja yang menjadi BI wektu itu akan KALAH berunding dengan IMF, dan akan menandatangi kesepakatan dengan IMF. Namanya juga nota kekalahan, bukan nota kesepakatan. Dan konsekuanesinya akan di CAP Sejalan dengan IMF (Neolib). Kalau belia…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: