Oleh: Rovicky | Agustus 18, 2009

Berandai-andai : SBY jadi proklamator


Presiden SBY

Ada kawan yang menggelitik tanya gini :

> Pak Dhe, Seandainya SBY itu jadi calon proklamator di tahun 1945. Kira-kira
> kapan proklamasi kemerdekaan yah? he..he

Apakah proklamator (Soekarno) dulu ngga lamban ? Tergantung darimana melihatnya. Konon dulu Soekarno harus “diculik” untuk menjadi proklamator. Yang hebat itu si penculik2 ini. Lah wong dulu pernah ada kalimat “nanti Indonesia akan diberi kemerdekaan“. Dengan kalimat itu aja dulu rakyat Indonesia udah seneng bangget. Maka dibentuklah badan khusus bernama BPUPKI. Itu dulu artinya sama saja ngolor-olor wektu.

Untungnya ada bom atom amrik.

Ya, barangkali karena bom dari Amrik, sebuah negara yang saat ini dibenci mati2an oleh banyak orang disini 😦 . Kalau ndak ada bom atom barangkali kita juga belon merdiko … masih netek di ketiak londo atau malah diketiak  Jepun. BOM ATOM itulah yang melahirkan momentum penting sehingga Indonesia merdeka. Merdeka secara politis dan yuridis.

SBY bukan proklamator.

Itu pasti … nenekku juga tahu itu.
Bahkan aku juga tahu kalau SBY “peragu” kalau dilihat dari kecepatan memutuskan sesuatu. Tapi apakah pemimpin harus memutuskan dengan cepat tanpa dukungan bawahannya. Ataukah keputusan itu justru harus dengan dukungan dan bahkan paksaan dari bawah ? … mari dipikir bareng-bareng !
 
Dulu Indonesia ya sudah tahu kepingin merdiko. namun BOM atomlah yang “menyuruh” Indonesia merdeka.
Dulu ya pingin ngganti HMS, tetapi pak AR lah yang ngegolkan ketika bola panas akibat krisis moneter. Walaupun AR sendiri ragu ketika bola dikakinya utk duduk di RI-1 saat HBB mundur. Toh Pak Amien Raispun uga pernah ragu-ragu. Dan setelah mengajukan diri lewat pilpress justru Pak Mien sudah kehilangan momentumnya, … dan kalah !

Memanfaatkan momentum !

Btw, saya hanya ingin sharing pelajaran bahwa mengambil keputusan itu bukan sekedar iya dan enggak. Keputusan ya dan enggak itu tetep memerlukan saat yang tepat uuntuk dieksekusi. Nah eksekusi sebuah keputusan yang sudah diambil sebelumnya itu tergantung waktu.

Siapa yang dapat mengatur waktu ? …  Ndak ada, tapi memanfaatkan momentum itulah yang perlu !

MERDEKA !!

Renunganku :

  • Yang penting bagaimana memanfaatkan momentum !
    Semua data dan analisa untuk membuat keputusan harus sudah ada dan selalu siap !
    PLAN WHAT YOU DO !
    DO WHAT YOU PLAN !
  • Emangnya kemerdekaan bisa menghapus korupsi ?
    Emangnya trus bisa mengentaskan kemiskinan ?
    Emangnya trus pinter2 dan sejahtera ? … mmm … I think not !
    Kemerdekaan bukan dituntut ini itu,
    Kemerdekaan itu KOTAK KOSONG YANG HARUS DIISI !
  • DICARI !
    Manusia yang mengaku berbangsa satu BANGSA INDONESIA yang bersedia menjadi manusia yang peduli bangsa dengan “partisipasi aktif“, bukan sekedar “partisipasi artikulatif” !
    …. mmm masih ada kan ?
Iklan

Responses

  1. merdeka!!!!!

    ==========================================
    Blog Jelek sumpah, jangan diklik!

  2. SBY memang seorang pemimpin yang berani,tetapi Bung Karno dan Bung Hatta tetap Plokramator sejati

  3. Andaikan soekarno hidup di jaman sekarang, saya yakin beliau akan kena caci juga,hehe..

  4. Ngimpi kali

  5. Mantap infonya…

  6. bagus

  7. jd knyataan lo bos

  8. kotak kemerdekaan Indonesia sudah terisi penuh sesak kok,pak. coba aja liat lagi ke dalam kotak yg ada tulisan “INDONESIA” -nya.klo ga salah ada topi toga lecek,cicak,anak2 busung lapar,kursi “tunjuk” yg reot tapi banyak yg nyari,para ilmuwan tangguh, manusia2 berhati emas,peneliti “kesepian dana”,anak bangsa potensial yg terpaksa mengubur potensinya karena alasan biaya,bahkan buaya tengil bin gokil pun masuk ke situ daan sebagainya…daaan sebangsanya…bahkan tempepun ada lho pak..hehe…
    menurut saya yg tepat adalah :”KEMERDEKAAN ITU KOTAK OVERLOAD YG HARUS DIBENAHI!”

    sekian.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: