Oleh: Rovicky | Maret 5, 2010

Kehilangan file atau dokumen ?


Faktanya memang begitu

  • 90% dari informasi yang kita miliki terutama informasi bisnis masih ada di atas kertas
  • 20% sampai 40% dari waktu pekerja telah dihabiskan untuk mencari dokumen.
  • Dari semua dokumen yang bisa ditangani setiap hari, 90% sedang berjalan.
    😦 “Jadi bayangkan kalau tiap hari bertambah informasi dan dokumen baru. Makin menumpuk aja tuh !”
  • Dokumen rata-rata akan disalin dan dikopi sebanyak 19 kali.
    😦 “Coba lihat berapa fotokopi KTP yang telah anda buat selama ini ?”
  • Perusahaan menghabiskan dana untuk pekerjaan sebesar $ 20,00 (Rp 200 ribu)  pada penyimpanan setiap dokumen penting, $ 120,00 (RP 1, 2 juta) untuk menemukan kembali dokumen yang salah pengarsipannya, dan $ 220,00 (Rp 2,2 juta) untuk mengganti dokumen yang hilang.
    😦 “Berapa biaya kita keluarkan ketika kartu keluarga hilang ?”
  • Seorang tenaga profesional menghabiskan 5-15% membaca informasi, tetapi sampai 50% untuk mencarinya.
    😦 “Ternyata ngga banyak beda antara pekerja dengan pemulung, ya ?”
  • 18 menit adalah waktu pencarian rata-rata untuk sebuah dokumen 7,5% dari semua dokumen tersesat dan 3,0% ternyata salah masuk arsip
  • Lebih dari 70% dari hari ini bisnis akan gagal dalam waktu 3 minggu jika mereka menderita kerugian besar-besaran berbasis kertas catatan karena kebakaran atau banjir
  • Setiap 12 lemari kabinet membutuhkan karyawan tambahan untuk mempertahankan.
    😦 “Wah ada lowongan petugas jaga filing cabinet, tuuh !”
  • Setiap 4 laci lemari arsip memakan waktu sampai 9 sq ft (1 meter persegi) lantai ruang dan biaya $ 1,500 / yr  atau sekitar Rp 1.5 juta setahun.
  • Untuk setiap 100 dokumen (bisnis) perhari hari memerlukan biaya $ 39.000 dalam satu tahun, baik untuk mengarsipkan atau  mengambilnya kembali.

Sumber Coopers & Lybrand, 1998

😦 “Tapi Pakdhe, kenapa dokumen surat supersemar serta naskah proklamasi yang asli ndak ditemukan sampai sekarang ?”


Responses

  1. De, kok ngurusin dokumen segala

  2. fakta yang menarik ^^!

  3. iya tuh, gimana kalo file dokumen di flasdisk hilang, yg tahu share dong….

  4. Belakangan aku digitalkan file-file yang serasa penting semacam kartu keluarga, SIM, BPKB dll. samapai yang kuarang penting semacan surat cinta.
    Tujuannya jelas biar ngopinya gampang n nyarinya mak tiing lha wong tinggal ngeklik.

  5. halah mbuh lah,,,
    ra ngurus…

  6. kenapa dokumen surat supersemar serta naskah proklamasi yang asli ndak ditemukan sampai sekarang ?” mngkin pemerintah males ndanain hal2 seperti itu
    padahal ada di bagian kepemerintahan yang sudah mengurusin hal tersebut (Bagian Arsip)
    Tapi entahlah mungkin begitulah indon*sia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: